Berita Alor

Lapas Kalabahi Tempa Warga Binaan Melalui Gerakan Pramuka

Yusup mendorong niat WBP agar mengisi kegiatan dengan mengikuti latihan Pramuka. Yusup juga meminta agar narapidana berkomitmen penuh pada aturan.

Editor: Eflin Rote
POS-KUPANG.COM/HO HUMAS LAPAS KALABAHI
Pelatihan Pramuka WBP - Polres Alor dan Lapas Kalabahi mengadakan Kegiatan kegiatan Pelatihan Gerakan Pramuka Gugus Depan (Gudep) Lapas Kelas IIB Kalabahi bersama WBP, Jumat 20 Januari 2023. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Else Nago

POS-KUPANG.COM, KALABAHI - Dalam rangka membangun karakter dan wawasan kebangsaan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), Kakanwil Kemenkumham NTT, Marciana Dominika Jone melalui Kalapas Kalabahi Yusup Gunawan menggandeng Saka Bhayangkara Polres Alor membuka kegiatan Pelatihan Gerakan Pramuka Gugus Depan (Gudep) Lapas Kalabahi.

Yusup Gunawan selaku Ketua Majelis Pembimbingan Gugus Depan (Kamabigus) Lapas Kalabahi dalam sambutannya mengimbau agar 20 WBP yang menjadi Anggota Pramuka Gudep Lapas Kalabahi harus berani merubah masa depan menjadi lebih baik dengan aktif mengikuti kegiatan Pramuka.

"Tidak ada kata terlambat bagi rekan-rekan untuk merubah masa depan. Melalui latihan Pramuka, saudara-saudara akan ditempa menjadi lebih baik untuk menata masa depan lebih bersinar. Pramuka akan menumbuhkan rasa percaya diri kalau ditempa dalam kegiatan pramuka," ujar Yusup Gunawan.

Baca juga: Pemerintah Desa Alim Mebung Alor Adakan Bimtek Pembuatan Pupuk Bokashi

Yusup mendorong niat WBP agar mengisi kegiatan dengan mengikuti latihan Pramuka. Yusup juga meminta agar narapidana berkomitmen penuh pada aturan.

Saya minta komitmen rekan-rekan WBP untuk tidak sesekali mempunyai niat melarikan diri. Selalu menanamkan dalam pikiran dan hati bahwa rekan-rekan bukanlah orang jahat, tetapi rekan-rekan adalah orang yang berguna bagi nusa dan bangsa. Saya akan mulai memantau semuanya itu dari sekarang. Kalau sudah demikian, maka kedepan kita tidak hanya melakukan kegiatan Pramuka di dalam Lapas saja, tetapi kita akan melakukan banyak hal di luar yang dapat berkontribusi positif bagi pembangunan dan kemajuan daerah kita Kabupaten Alor menjadi lebih baik," tandas Yusup.

Sementara itu, Wakil Ketua Kwartir Cabang Alor selaku Pamong/Pembinaan Saka Bhayangkara Polres Alor, AIPDA Andreas Rihi mengatakan pramuka bukan merupakan hal yang sulit dilakukan.

"Pramuka itu merupakan hal yang baik, dan untuk membentuknya di suatu tempat, tidak susah. Asalkan ada pelatih, punya niat dan saling mendukung. Saya yakin dan percaya pada Lapas Kalabahi ada titipan dan pesan dari Kemenkumham sebagai instansi induk bahwa ketika narapidana selesai menjalani masa pidana, ke depan dapat menjadi pelatih Pramuka karena khusus Kabupaten Alor, masih banyak membutuhkan pelatih Pramuka yang handal," ucap Andreas.

Baca juga: Sukseskan Pemilu 2024, KPU Alor Laksanakan Tahapan Pemilu

Andreas berharap dengan dilaksanakannya kegiatan ini dapat membentuk mental dan karakter WBP untuk hidup bermasyarakat dan memasuki dunia kerja ketika telah bebas. Menurut Andreas, selama ia menjadi Pembina Pramuka Saka Bhayangkara Polres Alor, mental dan karakter anak-anak binaannya dibentuk melalui Pramuka semasa masih dibangku pendidikan dan saat ini mereka tampil dengan mental dan karakter yang berkualitas di tengah masyarakat dan dunia kerja.

"Pramuka tidak pernah menjanjikan pekerjaan, tetapi pramuka menciptakan orang-orang yang berkualitas dalam bekerja di masa depan," tegas Andeas.

Baca juga: Setubuhi Anak di Bawah Umur, Sopir Angkot di Alor Ditangkap

Diakhir penyampaiannya, Andreas meminta dukungan Kalapas Kelas IIB Kalabahi beserta seluruh jajaran agar selalu memberikan dukungan selama proses Pelatihan Gerakan Pramuka Gugus Depan Lapas Kelas IIB Kalabahi sampai pada pengukuhan anggotanya.

Setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan pemasangan kacu leher oleh Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Kalabahi dan Wakil Ketua Kwartir Cabang Alor selaku Pamong/Pembinaan Saka Bhayangkara Polres Alor kepada 2 orang perwakilan narapidana yang merupakan Anggota Pramuka Gudep Lapas Kelas IIB Kalabahi.

Kegiatan tersebut dihadiri seluruh Pejabat Struktural dan Staf Lapas Kelas IIB Kalabahi, Ketua Harian Gudep Lapas Kelas IIB Kalabahi, Henok P. Mabilehi, Pembina Gudep Lapas Kelas IIB Kalabahi, Mauludin Hamzah serta Wakil Ketua Kwartir Cabang Alor selaku Pamong/Pembina Saka Bhayangkara Polres Alor, AIPDA Andreas Rihi didampingi 5 Anggota Pramuka, dan 20 orang WBP sebagai anggota pramuka Gudep Lapas Kelas IIB Kalabahi. (cr19)

Ikuti Berita POS-KUPANG.COM di GOOGLE NEWS

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved