Berita Malaka

Pemkab Malaka Realisasi 833 Kartu Malaka Cerdas Untuk Mahasiswa dan Pelajar

Aktualisasi dari salah satu program unggulan SN-KT tersebut adalah Kartu Malaka Cerdas (KMC) Sakti, yang diberikan kepada pelajar SMA/SMK berprestasi.

Editor: Eflin Rote
POS-KUPANG.COM/NOFRY LAKA
Bupati Malaka, Dr. Simon Nahak memberikan Kartu Malaka Cerdas (KMC) secara simbolis kepada perwakilan Mahasiswa di Aula Kantor Bupati. Gambar diambil pada 28 Desember 2022. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Nofry Laka

POS-KUPANG.COM, BETUN - Pemerintah Kabupaten Malaka / Pemkab Malaka melalui Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) merealisasikan sebanyak 833 Kartu Malaka Cerdas (KMC) untuk mahasiswa dan pelajar. 

Program Bupati Malaka, Dr. Simon Nahak dan Wakil Bupati, Louise Lucky Taolin dengan tagline SN-KT ini telah mencanangkan beberapa program unggulan atau program prioritas daerah yang terakronim dalam program SAKTI.

Aktualisasi dari salah satu program unggulan SN-KT tersebut adalah Kartu Malaka Cerdas (KMC) Sakti, yang diberikan kepada pelajar SMA/SMK yang berprestasi secara akademik maupun non akademik serta Mahasiswa asal Kabupaten Malaka yang kurang mampu secara ekonomi yang sedang menyelesaikan tugas akhirnya yaitu laporan tugas akhir Untuk mahasiswa program D2, D3, skripsi untuk mahasiswa S1 dan tesis, skripsi dan laporan tugas akhir.

Baca juga: Bupati Simon Nahak Apresiasi Kegiatan Tanam Pohon Mahasiswa Unimor di Desa Weoe Malaka

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD), Aloysius Werang kepada Pos Kupang di Betun, Jumat 30 Desember 2022 membenarkan hal tersebut.

"Ia benar, Kartu Malaka Cerdas sudah disalurkan sebanyak 833 Mahasiswa atau Pelajar SMA/SMK," katanya. 

Dikatakannya, total kartu Malaka Cerdas Sakti baik seri A dan seri B yang telah diberikan Pemda Malaka kepada pelajar dan mahasiswa asal Kabupaten Malaka pada tahun 2021 dan 2022 sebanyak 833 orang. 

Baca juga: Bupati Malaka Lakukan Ritual Adat ini Sebelum Masuk Rumah Jabatan 

"Bantuan pemerintah, dalam kemasan Kartu Malaka Cerdas (KMC) SAKTI ini, diberikan sebagai wujud keberpihakan dan perhatian tulus sekaligus stimulus dan dukungan Pemda Kabupaten Malaka kepada pelajar yang berprestasi secara akademik non akademik serta Mahasiswa yang adalah generasi penerus tanah Malaka," tandasnya.

Karena ditangan mereka, lanjutnya, masa depan Malaka ini dititipkan dan hanya melalui kemajuan pendidikan kita boleh mewujudkan masyarakat Malaka yang cerdas dan bermartabat dalam semangat Malaka yang cerdas dan bermartabat maju dan mandiri.

Kartu Malaka Cerdas (KMC) seri A, pada tahun 2022 diberikan kepada pelajar SMA/SMK yang berprestasi dan non akademik dalam bidang olahraga dan seni, dengan memenuhi persyaratan sebagai berikut yakni menunjukkan Surat Keputusan dan Rekomendasi dari Kepala Sekolah SMA/SMK, Fotocopy Raport, Fotocopy Kartu Pelajar, Fotocopy Kartu Keluarga/ KTP, 
Fotocopy Piagam Penghargaan bagi pelajar yang berprestasi Seni dan bakat paling rendah tingkat Kabupaten..

Sedangkan Kartu Malaka Cerdas (KMC) Sakti seri B, pada tahun 2022 diberikan kepada mahasiswa yang sedang menyelesaikan tulisan akhir yaitu tesis, skripsi dan laporan tugas akhir. 

Dan mahasiswa yang secara ekonomi kurang mampu, mahasiswa yatim-piatu, mahasiswa yang tidak atau belum pernah mendapat program beasiswa dan bidikmisi, dengan melampirkan persyaratan sebagai berikut: mengajukan proposal/surat permohonan bantuan sosial tunai ditujukan kepada Bupati Malaka.

Baca juga: Gedung DPRD Malaka Diresmikan, Bupati Simon: Semoga Menjadi Ruang Aspirasi Masyarakat

Melampirkan Surat Keterangan dari Universitas/ Perguruan Tinggi yang ditandatangani oleh Dekan Fakultas/Pejabat Universitas yang berwewenang. Melampirkan surat keterangan dari kepada desa yang menerangkan bahwa mahasiswa tersebut adalah benar-benar berasal dari keluarga/warga Kabupaten Malaka yang kurang mampu secara ekonomi.

Mahasiswa yatim piatu yang dibuktikan dengan kartu keluarga atau surat keterangan dari Kepala desa. Surat pernyataan dari yang bersangkutan yang menyatakan bahwa uang tersebut benar-benar digunakan untuk menyelesaikan skripsi atau laporan tugas akhir.

Halaman
12
Sumber: Pos Kupang
BERITATERKAIT
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved