Berita Belu

Bertemu Uskup Atambua, Bupati Belu Minta Dukungan Gereja Wujudkan Visi Misi

Bupati Belu mengungkapkan hal itu saat silaturahmi dengan Uskup Atambua, Mgr. Dr. Dominikus Saku, Pr di Istana Keuskupan Atambua

Penulis: Teni Jenahas | Editor: Eflin Rote
POS-KUPANG.COM/TENI JENAHAS
BERTEMU USKUP - Bupati Belu, dr. Agustinus Taolin bersama Wakil Bupati Belu saat bertemu Uskup Atambua, Mgr. Dr. Dominikus Saku, Pr di Istana Keuskupan Atambua, Nenuk, Desa Naekasa, Kecamatan Tasifeto Timur, Kamis 22 Desember 2022. 

Laporan Reporter POS KUPANG. COM, Teni Jenahas

POS-KUPANG.COM, ATAMBUA - Bupati Belu, dr. Agustinus Taolin, Sp.PD-KGEH, FINASIM meminta dukungan dari gereja untuk berkolaborasi dalam pembangunan demi terwujudnya visi dan misi pemerintah yakni, Belu Sehat, Berkarakter dan Kompetitif. 

Bupati Belu mengungkapkan hal itu saat silaturahmi dengan Uskup Atambua, Mgr. Dr. Dominikus Saku, Pr di Istana Keuskupan Atambua, Nenuk, Desa Naekasa, Kecamatan Tasifeto Timur, Kamis 22 Desember 2022.

Silaturahmi menjelang perayaan Natal ini diikuti Wakil Bupati Belu, Dr. Drs. Aloysius Haleserens dan Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Belu, Daniel Nahak. 

Baca juga: 405 Personil Gabungan Amankan Nataru di Kabupaten Belu

Dihadapan Uskup, Bupati Belu mengatakan, pelaksanaan pembangunan mesti melibatkan seluruh stakeholder di daerah termasuk lembaga agama. Pemerintah meminta dukungan gereja untuk berkolaborasi dalam pembangunan di sektor pertanian dan peternakan yang gencar dilakukan pemerintah kabupaten Belu selama ini. 

Peran gereja sangat strategis dalam memotivasi umat untuk mengembangkan seluruh potensi pertanian di Kabupaten Belu sehingga bisa meningkatkan perekonomian masyarakat. Hal ini tentu mendukung visi dan misi pemerintah yakni, Belu Sehat, Berkarakter dan Kompetitif. 

"Pemerintah selalu bekerja sama dengan semua elemen masyarakat Belu untuk mewujudkan visi dan misi pembangunan Kabupaten Belu," kata Agus Taolin. 

Baca juga: HUT ke 64 NTT, Bupati Belu Tanam Pohon Tabebuya di Sumba Barat Daya

 Bupati Belu menyampaikan terima kasih kepada Uskup Atambua, yang walaupun di tengah kesibukan menjelang Pesta Natal, tetapi masih menyempatkan diri untuk menerima kunjungan silahturahmi dengan Pemkab Belu.

Uskup Atambua, Mgr. Dr. Dominikus Saku, Pr juga menyampaikan terima kasih atas kunjungan Bupati Belu dan Wakil Bupati Belu di Istana Keuskupan. 

Uskup mengaku senang karena mendapat kunjungan silaturahmi dari Pemerintah Kabupaten Belu sekaligus membahas sejumlah program yang dapat berkolaborasi dengan Gereja. 

Uskup Domi mendukung gerakan dan kebijakan pemerintah di bidang pertanian dan peternakan karena hal itu merupakan potensi yang dimiliki Kabupaten Belu

Secara khusus, Uskup Atambua meminta pemerintah Kabupaten Belu supaya mengembangkan anggur di wilayah Belu utara atau daerah pesisir.

Baca juga: HUT ke 64 NTT, Bupati Belu Tanam Pohon Tabebuya di Sumba Barat Daya

Permintaan Uskup dilatarbelakangi potensi yang ada di wilayah tersebut serta masyarakat sudah lama membudidayakan anggur. 

Bila pemerintah membuat program secara khusus maka suatu waktu Kabupaten Belu menjadi kabupaten penghasil anggur di NTT dan tentu budidaya anggur sangat menjanjikan mengingat kebutuhan pasar sangat tinggi. 

Selain anggur, Uskup Domi juga meminta pemerintah agar terus mendorong masyarakat mengembangkan cendana dan kopi. Dua jenis tanam komoditi tersebut selalu dibutuhkan dan laris manis di pasaran. 

Mengakhiri pembahasan, Uskup mengajak pemerintah dan masyarakat supaya tetap menjaga dan melestarikan lingkungan dengan cara penghijauan atau tanam pohon. 

"Saat ini kita harus terus memperhatikan ekosistem kita agar tetap utuh dan berkelanjutan sehingga tidak boleh dieksploitasi secara habis-habisan," pinta Uskup Domi. (jen)

Ikuti berita POS-KUPANG.COM di GOOGLE NEWS

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved