Pemilu 2024

Pemilu 2024, KPU Manggarai Timur Gelar Rapat Pleno Hasil Verfak Partai Politik

politik tentang hasil verifikasi yang dilakukan oleh KPU dari data-data yang diserahkan oleh masing-masing Parpol. 

Penulis: Robert Ropo | Editor: Rosalina Woso
POS-KUPANG.COM/ROBERT ROPO
RAPAT- Kegiatan Rapat Pleno Verfak KPU Kabupaten Manggarai Timur.  

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Robert Ropo

POS-KUPANG.COM, BORONG - Komisi Pemilihan Umum atau KPU Kabupaten Manggarai Timur menggelar Rapat Pleno hasil Verifikasi Faktual (Verfak) kepengurusan dan keanggotaan Partai Politik. 

Kegiatan ini berlangsung di Aula Hotel Maryos Borong, Kamis 8 Desember 2022.

Hadir dalam kegiatan ini Ketua KPU Kabupaten Manggarai Timur, Adrianus Harmin bersama para komisioner KPU dan Staf Sekertariat KPU, Bawaslu, dan juga utusan dari partai politik perserta Pemilu. 

Baca juga: Realisasi APBD II Manggarai Timur 2022 Sudah Mencapai 80,97 Persen

Hubertus menjelaskan, kegiatan ini merupakan tahapan terakhir proses verifikasi administrasi dan verifikasi faktual (Verfak) bagi partai politik (Parpol) yang akan ditetapkan menjadi peserta Pemilu 2024 mendatang. 

"Jadi proses ini cukup lama sejak dari bulan September hingga Desember dan hari ini pada proses tahapan akhir hasil verifikasi administrasi dan verifikasi faktual terkait kepengurusan dan keanggotaan masing-masing Parpol,"terangnya.

Hubertus juga menerangkan, tujuan dari Pleno ini untuk pihaknya menyampaikan secara terbuka kepada partai politik tentang hasil verifikasi yang dilakukan oleh KPU dari data-data yang diserahkan oleh masing-masing Parpol. 

Hubertus juga menerangkan, bahwa  dari awal parpol yang dilakukan Verifikasi tersebut sebanyak 22 parpol, namun dalam melewati proses verifikasi tinggal 18 Parpol.

Kemudian sesuai dengan ketentuan Parpol yang memenuhi ambang batas Pemilu 2019 tidak mengikuti verifikasi faktual. Sehingga, Parpol yang mengikuti Verifikasi faktual adalah partai-partai yang tidak memenuhi ambang batas Pemilu 2019.

Baca juga: Capai UHC 100 Persen, Jadi Kado Masyarakat Kabupaten Manggarai Timur di Hari Jadi ke-15

Hubertus juga menerangkan, adapun partai-partai yang mengikuti Verifikasi faktual ini untuk Kabupaten Manggarai Timur sebanyak tujuh Parpol yakni partai Hanura, partai Perindo, PSI, partai Garuda, partai UMAT, partai Buruh dan partai PBB. 

Dari ketujuh Parpol yang di Verfak itu, ada partai-partai yang sudah memenuhi ambang batas atau standar minimal ketentuan yakni ambang batas standar minimal keanggotaan 277 untuk memenuhi verifikasi faktual pertama. Sedangkan yang belum memenuhi ada dua parpol yakni Partai UMAT dan partai Garuda. 

"Kedua partai politik ini kita temukan kekurangan keaanggotan dan banyak yang tidak memenuhi syarat atau TMS," ujarnya. 

Hubertus juga mengatakan, meski demikian, dari kedua partai itu, pada saat memasukan berkas pada saat verifikasi perbaikan, hanya partai Garuda yang memenuhi ambang batas 277. Sedangkan partai UMAT tidak memenuhi syarat. 

"Jadi kita tetapkan hanya partai GARUDA saja, partai UMAT tidak lolos verifikasi faktual. Sehingga partai UMAT tidak bisa masuk dalam peserta Pemilu 2024 di Kabupaten Manggarai Timur," Ujarnya. (rob) 

Ikuti Berita POS-KUPANG.COM Lainnya di GOOGLE  NEWS
 

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved