Berita Manggarai Timur

Capai UHC 100 Persen, Jadi Kado Masyarakat Kabupaten Manggarai Timur di Hari Jadi ke-15

Bupati Manggarai Timur Agas Andreas menandatangani Rencana Kerja tentang Penyelenggaraan Jaminan Kesehatan Nasional bagi Penduduk Manggarai Timur.

Penulis: Thomas Mbenu Nulangi | Editor: Eflin Rote
POS-KUPANG.COM/TOMMY MBENU NULANGI
Bupati Manggarai Timur Agas Andreas foto bersama dengan para petugas BPJS Kesehatan setelah selesai menandatangani rencana kerja tentang penyelenggaraan jaminan kesehatan nasional bagi penduduk Manggarai Timur di Media Center, Kamis 1 Desember 2022. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Tommy Mbenu Nulangi

POS-KUPANG.COM, BORONG - Universal Health Coverage (UHC) menjadi salah satu hadiah teristimewa yang dipersembahkan oleh Pemerintah Kabupaten / Pemkab Manggarai Timur (Matim) kepada warga masyarakatnya pada hari jadi yang ke-15.

Bertempat di Media Center Kabupaten Manggarai Timur, Kamis 1 Desember 2022, Bupati Manggarai Timur Agas Andreas menandatangani Rencana Kerja tentang Penyelenggaraan Jaminan Kesehatan Nasional bagi Penduduk Manggarai Timur.

Dengan begitu secara resmi Pemerintah Kabupaten Manggarai Timur telah mencapai target UHC pada Desember 2022.  Hal ini membuktikan komitmen dan kepedulian Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai Timnur terhadap kesehatan masyarakatnya.

Baca juga: Dua Anggota DPRD PAW di Manggarai Timur Dilantik

Pada kesempatan tersebut Bupati Manggarai Timur Agas Andreas menyampaikan rasa syukur atas tercapainya UHC di Kabupaten Manggarai Timur, sehingga komitmen Pemerintah Kabupaten Manggarai Timur untuk memberikan akses jaminan pelayanan kesehatan yang layak kepada warga masyarakatnya telah terwujud.

“Kado ini tepat setelah perayaan hari jadi Manggarai Timur ke -15, kami berikan untuk masyarakat Manggarai Timur. Melalui capaian UHC ini, kami sangat mengharapkan seluruh masyarakat kami tidak lagi kesulitan dalam mendapatkan akses pelayanan kesehatan di Fasilitas Kesehatan. Dan kami juga berterima kasih atas dukungan dan kerjasamanya dari BPJS Kesehatan hingga akhirnya Manggarai Timur bisa mencapai UHC.” ujar Agas
Agas.

Ia juga menghimbau dan mengajak kepada seluruh masyarakat di daerah tersebut untuk memanfaatkan fasilitas kesehatan yang telah disediakan oleh pemerintah dengan menggunakan kartu JKN.

“Kalau sakit jangan ragu untuk berobat di fasilitas kesehatan terdekat dengan memanfaatkan sarana yang sudah disiapkan Pemda. Dan kedepan juga peningkatan pelayanan menjadi tujuan kami. Jangan lagi ada alasan menimbun sakit karena alasan biaya," pesan Agas.

Pendaftaran UHC ini memiliki keistimewaan yaitu pemda dapat mengajukan pendaftaran peserta dimana peserta yang terdaftar pada saat itu langsung aktif status kepesertaannya dan bisa langsung dijaminkan apabila mengakses layanan kesehatan dengan syarat utama yaitu dokumen kependudukan yang dimiliki harus valid. Keistimewaan ini hanya dikhususkan bagi Peserta PBI yang ditanggung oleh Pemerintah Daerah Manggarai Timur.

Baca juga: 30 Tahun Pos Kupang, Begini Pesan Bupati, Kapolres dan Sekda Manggarai Timur

Sementara itu, saat ditemui ditempat yang berbeda Kepala BPJS Kesehatan Cabang Ende, Joys Karman Nike Palupi menyampaikan Apresiasi atas predikat UHC yang diperoleh pemerintah daerah Kabupaten Manggarai Timur, dimana capaian Kepesertaan JKN di wilayah tersebut mecapai 100 persen.

Berdasarkan data per 01 Desember 2022, Pemkab Manggarai Timur sudah mendaftarkan sebanyak 13.344 jiwa sebagai Peserta JKN.

Ia menambahkan, sinergi dan kolaborasi yang baik antara BPJS Kesehatan dengan Pemerintah Daerah Manggarai Timur serta para pemangku kepentingan yang melatarbelakangi tercapainya UHC ini.

Menurutnya, jaminan kesehatan masyarakat ini menjadi hal yang sangat penting karena merupakan hak warga masyarakat yang berada di Kabupaten Manggarai Timur.

"Harapan kami sinergi dan komitmen Pemkab Manggarai Timur tehadap program JKN senantiasa dapat terus berjalan serta dapat mendorong peningkatan mutu dan kualitas layanan di Fasilitas Kesehatan baik tingkat pertama maupun tingkat lanjutan," ujar Joys. (tom)

Ikuti berita POS-KUPANG.COM di GOOGLE NEWS

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved