Kabar Artis

Jokowi Gendong Kaesang Iriana Doakan Bahagia, Prosesi Siraman Erina Berlangsung Haru

Kaesang Pangarep menjalani proses siraman sebelum melangsungkan akad nikah dengan Erina Gudono pada Sabtu (10/12/2022) ini

Editor: Alfons Nedabang
Instagram @kaesangp
FOTO PREWEDDING - Kaesang Pangarep dan Erina Gudono. Kerennya Kaesang Pangarep dan Erina Gudono Pakai Baju Adat Papua, Anak bungsu Presiden Jokowi dan Iriana Jokowi Tak Henti Puji Calon Isteri 

POS-KUPANG.COM, SOLO - Putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep menjalani proses siraman sebelum melangsungkan akad nikah dengan Erina Gudono pada Sabtu (10/12/2022) ini. Acara siraman itu berlangsung tertutup di kediaman pribadi Presiden Jokowi di Sumber, Solo, Jawa Tengah.

Prosesi siraman diawali dengan bleketepe oleh Jokowi di depan kediamannya. Setelah itu sekitar pukul 08.15 Jokowi dan istrinya Iriana tiba di lokasi sungkeman. Kaesang kemudian bersimpuh di hadapan kedua orang tuanya.

Tak lama berselang, Kaesang dan kedua orang tuanya berjalan menuju kediaman di Sumber, Solo, Jawa Tengah. Tampak mengiringi keluarga kedua kakak Kaesang, yakni keluarga Gibran Rakabuming Raka dan keluarga Kahiyang Ayu.

Setibanya di kediaman prosesi siraman dimulai, diawali penerimaan air dari tujuh sumber mata air dari calon pengantin wanita yang diterima oleh Gibran selaku perwakilan keluarga.

Tujuh sumber mata air itu yakni Keraton Kasunanan, Keraton Mangkunegaran, Masjid Agung Surakarta, Umbul Pengging, Istana Merdeka, Istana Bogor, dan Kediaman Solo. Selanjutnya, ketujuh air tersebut disatukan dalam satu tempat untuk digunakan dalam prosesi siraman.

Jokowi didampingi Iriana kemudian memberikan siraman pertama kepada Kaesang. Tampak sejumlah tamu dan keluarga turut memberikan siraman dan doa restu.

Baca juga: Erina Gudono Begitu Anggun di Momen Pengajian, Busana Dres Brokat Calio Istri Kaesang Jadi Sorotan

Mulai dari Menkopolhukam Mahfud MD, Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan, Menlu Retno Marsudi, Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto, Idong Setyo Husodo, Gibran Rakabuming, dan Bobby Nasution.

Selepas itu Jokowi kemudian memotong rambut Kaesang, dilanjutkan dengan prosesi menggendong anak bungsunya tersebut. Jokowi juga memberikan suapan terakhir kepada Kaesang Pangarep yang sekaligus mengakhiri rangkaian prosesi siraman.

Acara siraman itu dipenuhi suasana haru. Bahkan, ibu negara negara Iriana sempat menangis. Begitu pula menantu kedua Jokowi, Bobby Nasution.

"Alhamdulillah tadi prosesi sungkeman dan prosesi siraman berjalan dengan baik, lancar. Kami sekeluarga mohon doa restu kepada masyarakat," kata Jokowi di kediamannya di Solo, Jawa Tengah, Jumat (9/12).

Jokowi menyebut istrinya sempat menangis saat menjalani prosesi siraman itu. ""Nangis-nangis. Tadi Bu Iriana dulu yang menangis. Kaesang juga menangis, Mas Bobby (Bobby Nasution, menantu) saja nangis juga tadi," timpal Jokowi.

Momen haru itu juga diamini oleh Iriana. Dia mengaku tangisannya itu merupakan rasa haru bahagia. "Nangis senang, bahagia," kata Iriana sembari menatap Kaesang.

Iriana kemudian menyatakan harapannya sembari memegang tangan kanan Kaesang. "(Pesan untuk Kaesang) Selalu bahagia ya Le," kata Iriana sembari menatap Kaesang. Pesan dari Iriana itu langsung dijawab oleh Kaesang. "Ya," jawab Kaesang singkat.

Baca juga: Kaesang Pangarep Siapkan Pelangkah untuk Kakak Erina Gudono, Dua Menteri Jadi Saksi Nikah

Iriana mengungkapkan tidak ada perasaan yang berbeda saat menikahkan ketiga anaknya. Sebelumnya, anak pertama dan keduanya, Gibran Rakabuming dan Kahiyang Ayu sudah menikah. "Perasaan nangis seneng, bahagia. Perasaan sama saja putra, bungsu, tengah, sulung, sama saja," kata Iriana.

Halaman
123
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved