Kabar Artis

Kaesang Pangarep Siapkan Pelangkah untuk Kakak Erina Gudono, Dua Menteri Jadi Saksi Nikah

Kaesang Pangarep harus menyiapkan pelangkah lantaran pernikahannya dengan Erina Gudono merupakan pernikahan pertama di keluarga Erina.

Editor: Alfons Nedabang
Instagram @erinagudono
FOTO PREWEDDING - Foto prewedding Kaesang Pangarep dan Erina Gudono. Jelang Pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono, Sekda DIY, Kadarmanta Baskara Aji Bocorkan Prosesi Pernikahan anak Presiden Jokowi 

POS-KUPANG.COM, YOGYAKARTA - Kaesang Pangarep menyiapkan pelangkah untuk dua kakak dari Erina Gudono yang merupakan calon istrinya. Kaesang harus menyiapkan pelangkah lantaran pernikahannya dengan Erina Gudono merupakan pernikahan pertama di keluarga Erina.

Dua kakak Erina Gudono diketahui belum menikah. Maka sesuai adat Jawa, Kaesang Pangarep harus memberikan barang kepada kakak dari Erina. Dalam adat Jawa, pelangkah merupakan simbolis permohonan izin adik untuk menikah lebih dulu.

”Ada (pelangkah),” kata putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu usai mengikuti gladi pernikahannya di Pendopo Royal Ambarrukmo, Yogyakarta, Selasa (6/12). Namun Kaesang enggan membeberkan barang apa yang dia berikan kepada kakak-kakak Erina. "Enggak usah sebutin, jet pribadi, mobil mewah, rumah 2000 hektar. Enggak itu cuma nyebutin saja orang di luar sana bukan saya," kelakar Kaesang.

Allen Adam Rinaldy Gudono, kakak pertama Erina, juga enggan membeberkan pelangkah yang diberikan kepadanya. "Itu sudah ada. Besok pas prosesi dikasih tahu," katanya singkat.

Allen kemarin juga hadir dalam gladi bersih pernikahan adiknya dengan Kaesang. Allen nantinya akan menjadi wali nikah bagi Erina. Adapun Erina tidak hadir dalam gladi bersih itu karena telah menjalani prosesi Pingitan. Pingitan merupakan tradisi dalam adat Jawa di mana calon pengantin wanita tidak diperkenankan untuk bepergian ke luar rumah, termasuk untuk menemui calon suaminya.

Baca juga: Kaesang Pangarep Tak Lagi Ketemu Erina Jelang Pernikahan, Putera Jokowi Tulis Caption Manis

Meski Erina tengah menjalani Pingitan, Kaesang mengungkapkan dirinya dan calon istrinya itu masih berkomunikasi secara daring. Hal ini karena untuk persiapan pernikahan diurus oleh keduanya secara langsung. "Terakhir (ketemu) minggu lalu, komunikasi masih. Karena kan kami yang ngurus semua," ujar Kaesang.

Dalam gladi bersih kemarin Kaesang hadir sekitar pukul 09.03 WIB. Setelah tiba di Pendopo Royal Ambarrukmo, Kaesang mendengarkan arahan singkat dari Wedding Organizer. Kemudian dilanjutkan dengan gladi bersih. Kaesang tampak memakai jarik dalam gladi bersih tersebut. Namun ia juga masih mengenakan kaus hitam. Kaesang juga mengikuti seluruh persiapan, mulai dari iringan pengantin hingga akad nikah.

Pernikahan Kaesang-Erina rencananya bakal dilangsungkan pada 10 Desember 2022 di Pendopo Royal Ambarrukmo. Rangkaian pernikahan Kaesang-Erina akan dimulai pada 8 Desember mendatang dengan agenda semaan Alquran dan pengajian.

Selanjutnya pada 9 Desember akan dilakukan upacara pasang bleketepe tuwuhan dan siraman pengantin putri. Seluruh rangakaian acara tersebut dilangsungkan di rumah Erina Gudono di Dusun Purwosari RT 03/ RW 59 Sinduadi, Mlati, Sleman.

Pada pernikahan Kaesang dan Erina nanti Wakil Ma'ruf Amin akan menjadi khatib Sementara dua menteri akan menjadi saksi di pernikahan tersebut. Kedua menteri itu adalah Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

"Saksi dari kami ada Pak Menteri PUPR. Yang dari keluarga Erina, Pak Mensesneg. Khatibnya Pak Wapres (Ma'ruf Amin)," kata Kaesang.

Baca juga: Erina Gudono Berharap Dapat Mesin Cuci dari Kahiyang Ayu, Kaesang Pangarep Justru Protes

Dari pihak keluarga, panitia pernikahan Kaesang dan Erina juga melibatkan dua cucu Presiden Jokowi, Jan Ethes dan Sedah Mirah. Jan Ethes adalah putra sulung Gibran Rakabuming Raka dengan Selvi Ananda. Sementara Sedah Mirah merupakan anak sulung Bobby Nasution dan Kahiyang Ayu. Dua cucu Presiden Jokowi itu nantinya akan membawakan cincin nikah Kaesang dengan Erina.

Keterangan itu disampaikan pranata acara nikah Kaesang-Erina Wigung Wratsangka seusai memandu geladi resik di Pendopo Agung Royal Ambarrukmo. Menurut Wigung, Jan Ethes dan Sedah Mirah ditunjuk lantaran keduanya merupakan anak-anak.

Sehingga di sela-sela prosesi pernikahan itu dimungkinkan akan mengundang gelak tawa karena tingkah lucu cucu Presiden RI itu. "Yang bawa nampan cincin Jan Ethes dan Sedah Mirah. Selain kecil juga umurnya sudah mencukupi," kata Wigung.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved