Prakiraan Cuaca NTT

Cuaca Maritim NTT, Bali,NTB Hari Ini, BMKG:Waspada Gelombang Tinggi di Laut Sawu dan 5 Perairan ini

Informasi terbaru Cuaca Maritim NTT, Bali,NTB Hari Ini, BMKG: Waspada gelombang tinggi di Laut Sawu dan 5 Perairan ini

Penulis: Adiana Ahmad | Editor: Adiana Ahmad
POS-KUPANG.COM/ILUSTRASI 
Cuaca Maritim NTT, Bali, NTB hari ini/ Ilustrasi gelombang tinggi - Cuaca Maritim NTT, Bali, NTB hari ini, BMKG: Waspada gelombang tinggi di Laut Sawu dan 5 Perairan ini 

POS-KUPANG.COM - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika ( BMKG ) mengeluarkan peringatan dini terkait Cuaca Maritim NTT, Bali dan NTB hari ini Senin 21 November 2022.  Ada potensi gelombang tinggi di Laut Sawu dan 5 Perairan ini.

Dikutip dari laman resmi bmkg.co.id, BMKG menghimbau masyarakat untuk waspada terhadap potensi gelombang tinggi di Laut Sawu dan 5 Perairan ini.

Menurut BMKG, 5 Daerah di NTT, Bali, NTB yang berpotensi gelombang tinggi hingga 4 Meter yakni, Perairan Selatan Jawa hingga NTB, Samudera Hindia Selatan Bali hingga NTB dan Selata Bali-Lombok-Alas bagian Selatan.

Selain gelombang tinggi hingga 4 Meter, BMKG menghimbau para operator kapal, nelayan dan masyarakat untuk waspada gelombang tinggi hingga 2,5 Meter di Laut Sawu, Perairan Selatan Sumba, Selat Sumba bagian Barat dan Samudera Hindia Selatan NTT.

Baca juga: Update Cuaca NTT Hari ini, BMKG: Waspada Cuaca Ekstrem Hari Ini di Sejumlah Wilayah NTT

BMKG menyebut Saran Keselamatan gelombang tinggi tersebut berisiko bagi keselamatan pelayaran mulai dari perahu nelayan hingga kapal feri.

Kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada.

Masyarakat juga diimbau untuk memperhatikan pola angin hari ini. Pada hari ini pola angin di wilayah Indonesia bagian utara umumnya dari Barat Daya - Barat Laut dengan kecepatan 8 - 20 knot sedangkan di wilayah selatan Indonesia dari Tenggara - Barat Daya dengan kecepatan 10 - 25 knot.

Kecepatan angin tertinggi terpantau di Selat Malaka, Perairan Riau, Laut Natuna Utara, Perairan Kep. Anambas - Natuna, Perairan Selatan Jawa, Perairan timur Lampung, Perairan utara Banten hingga DKI Jakarta dan Selat Sunda. Kondisi ini mengakibatkan peningkatan tinggi gelombang di sekitar wilayah tersebut.

Baca juga: Cuaca NTT 21 November 2022, BMKG: 16 Daerah di NTT Patut Waspadai Cuaca Ekstrem Hujan Petir Hari Ini

Area Perairan Dengan Gelombang Sedang (1.25 - 2.50 m)

SELAT MALAKA 

PERAIRAN UTARA SABANG

PERAIRAN BARAT ACEH

PERAIRAN LHOKSEUMAWE

PERAIRAN TIMUR KEP. SIMEULUE – SINABANG

Halaman
123
Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved