Berita Malaka

KPU Malaka Sosialisasikan Aplikasi SIAKBA 

memudahkan masyarakat yang tertarik mendaftarkan diri sebagai anggota badan penyelenggara pemilu

Editor: Rosalina Woso
POS-KUPANG.COM/NOFRY LAKA
SOSIALISASI - Komisi Pemilihan Umum atau KPU melakukan sosialisasi aplikasi SIAKBA di Aula Susteran Betun, Kamis 17 November 2022. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Nofry Laka

POS-KUPANG.COM, BETUN - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Malaka mulai mensosialisasikan aplikasi pendaftaran badan penyelenggara pemilu melalui aplikasi Sistem Informasi Anggota KPU dan Badan Ad Hoc (SIAKBA) KPU sehingga masyarakat yang berminat mendaftar tanpa harus datang ke kantor.

Sosialisasi aplikasi SIAKBA KPU tersebut digelar di  Aula Susteran Betun, Desa Wehali Kecamatan Malaka Tengah, Kamis 17 November 2022 dengan menghadirkan sebanyak 100 orang tamu undangan dari berbagai kalangan.

Dengan adanya aplikasi tersebut, kata Ketua KPU Kabupaten Malaka Makarius Bere Nahak bahwa ini akan memudahkan masyarakat yang tertarik mendaftarkan diri sebagai anggota badan penyelenggara pemilu.

Baca juga: Inspektorat Malaka Jalankan Instruksi Sekda

Dikatakannya, dalam pemilihan ini pihaknya membutuhkan panitia pemilihan kecamatan (PPK) di dua belas kecamatan dan panitia pemungutan suara (PPS) di 127 desa, termasuk perekrutan anggota kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS).

"Dengan aplikasi ini, akan digunakan pada saat pendaftaran badan penyelenggara pemilu, mulai dari PPK hingga PPS,  yang dijadwalkan dibuka pada 20 November - 16 Desember 2022," ucapnya. 

Menurutnya, informasi selebihnya akan kita dengar dari KPU RI. 

Kemudian, untuk menjadi anggota PPK dan PPS minimal berusia 17 tahun yang tidak pernah menjadi anggota partai politik minimal selama 5 tahun terakhir.

Baca juga: Bupati Malaka, Simon Nahak Apresiasi Olahraga Bersama ASN 

Dan bagi mereka yang namanya masuk dalam Sistem Informasi Partai Politik (Sipol), tidak memenuhi syarat. (*)

Ikuti Berita POS-KUPANG.COM Lainnya di GOOGLE NEWS

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved