Berita Manggarai Timur

Siswa SMK Cinta Damai Borong Manggarai Timur Observasi ke Obyek Wisata Golo Loni

Untuk kelompok siswa-siswi yang melakukan observasi obyek wisata di Desa Golo Loni, yakni observasi di rumah gendang (rumah adat) Lerang

Penulis: Robert Ropo | Editor: Eflin Rote
POS-KUPANG.COM/ISTIMEWA
OBSERVASI - Para siswa-siswi SMK Cinta Damai Borong sedang melaksanakan observasi langsung di obyek wisata arum jeram Wae Dingin, Golo Loni, Sabtu 29 Oktober 2022. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Robert Ropo

POS-KUPANG.COM, BORONG - Ratusan siswa-siswi kelas 1 dan 2 SMK Cinta Damai Borong, Kabupaten Manggarai Timur melakukan observasi langsung di sejumlah obyek wisata baik obyek wisata budaya, alam dan obyek wisata buatan. 

Dengan menggunakan belasan kendaraan mobil col yang dikawal langsung oleh Unit Patwal Satlantas Polres Manggarai Timur, ratusan para siswa-siswi yang dipimpin langsung oleh Ketua Yayasan Cinta Damai Borong, Agustinus Harum, S.Pd, AMD.Par, MM bersama guru pendamping menuju Desa Golo Loni, di Kecamatan Rana Mese, Kabupaten Manggarai Timur

Selain itu, sebagain siswa-siswi menuju Kota Ruteng untuk melakukan observasi di sejumlah hotel. 

Baca juga: Kepala BPS Manggarai Timur Pimpin Census Night di Pasar Borong

Untuk kelompok siswa-siswi yang melakukan observasi obyek wisata di Desa Golo Loni, yakni observasi di rumah gendang (rumah adat) Lerang, Kampung Lerang.

Untuk di rumah gendang siswa-siswi belajar terkait dengan peran dan fungsi rumah gendang (rumah adat) yang berkaitan dengan kebudayaan. Hal ini dilakukan untuk meneruskan kepada generasi muda khususnya para siswa-siswi untuk terus mempertahan nilai budaya khususnya budaya Manggarai, apalagi rumah gendang juga merupakan roh dari pariwisata itu sendiri. 

Dalam kesempatan itu juga tokoh adat rumah gendang menerangkan secara baik terkait makna dari rumah gendang itu. Ada 5 filosofi penting dalam rumah gendang Manggarai yakni mbaru bate kaeng, uma bate duat, natas bate labar, compang bate takung, dan wae bate teku. 

Adapun saat tiba rumah gendang, rombongan diterima secara adat (kepok sundung). Selanjutnya para siswa mendengarkan penjelasan dari tokoh adat. Dan dalam kesempatan itu para guru pendamping bersama siswa-siswi berbaur bersama masyarakat setempat dengan bermain bola voli bersama dan kegiatan-kegiatan menarik lainya. 

Ketua Yayasan Cinta Damai Borong juga menyerahkan alat olahraga seperti bola voli untuk masyarakat rumah gendang Lerang. 

Baca juga: Pemilu 2024, Anggota Panwaslu Kecamatan di Kabupaten Manggarai Timur di Lantik

Selanjutnya rombongan menuju spot wisata Golo Depet untuk belajar terkait dengan daya tarik wisata yang dikelola oleh Pokdarwis Desa Wisata Golo Loni. 

Usai melakukan observasi di spot wisata ini, para guru pendamping bersama para siswa-siswi selanjutnya menuju ke obyek Wisata arum jeram Wae Dingin Desa Golo Loni. Di sana para siswa-siswi mendengarkan penjelasan dari Pokdarwis terkait dengan pengelolaan arum jeram mulai dari persiapan awal hingga sampai pada pelaksanaan dan juga penunjukan terkait fasilitasi dan sarana-prasana yang tersedia disana. 

Para siswa-siswi dan guru juga pada kesempatan itu bermain arum jeram dengan menikmati nuansa alam sekitar yang indah dan asri. 

Sedangkan kelompok program studi Akomodasi Perhotelan, dan Program Studi Kuliner/Tata Boga melaksanakan observasi di sejumlah hotel di Kota Ruteng, Kabupaten Manggarai seperti hotel Sinda dan hotel lainya. 

Di sana untuk siswa-siswi program studi Akomodasi Perhotelan belajar tentang prosedur menata kamar-kamar hotel, fasilitas hotel sampai dengan fasilitas di kamar mandi. Selain itu cara menerima tamu, cara melaporkan setelah shift kepada pimpinan dan langsung mendapat pendampingan dan penjelasan dari pihak hotel. 

Halaman
12
Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved