Pemilu 2024

72 Panwascam Kabupaten Kupang Dilantik, Ketua Bawaslu Sebut SIM P Jadi Pegangan

Adapun akronim dari SIM P  versi Bawaslu Kupang yakni Solidaritas, Integritas, Moralitas, dan Profesionalitas.

Editor: Edi Hayong
POS-KUPANG.COM/RYAN TAPEHEN
POSE BERSAMA - Komisioner Bawaslu Kabupaten Kupang bersama unsur Forkopimda dan Panwaslu pose bersama para anggota Panwascam usai dilantik di Hotel Neo Aston Kupang, Kamis 26 Oktober 2022   

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ryan Tapehen

POS-KUPANG.COM, OELAMASI- Ketua Bawaslu Kabupaten Kupang Marthoni Reo memberikan SIM P sebagai landasan pengawasan pilkada kepada 72 Panwascam Kabupaten Kupang.

Adapun akronim dari SIM P  versi Bawaslu Kabupaten Kupang yakni Solidaritas, Integritas, Moralitas, dan Profesionalitas.

Demikian disampaikan Marthoni Reo saat memberikan arahan kepada 73 anggota panwascam Kabupaten Kupang, Kamis 27 Oktober 2022.

Dikatakan Marthoni Reo dirinya menekankan soal solidaritas antar tiga orang Panwascam di setiap kecamatan.

"Keputusan tertinggi adalah pleno sehingga tiga orang yang menjadi Panwascam di satu kecamatan tidak boleh mengambil keputusan sendiri-sendiri," tegasnya.

Baca juga: Bawaslu Rote Ndao Diduga Langgar Aturan Seleksi Panwascam, Warga Siap Lapor ke DKPP

Sementara untuk poin Integritas dirinya mengungkapkan pada pileg 2019 lalu banyak panwascam yang bermain dua kaki sehingga dirinya tidak segan-segan mengambil tindakan tegas dengan PAW.

Maka itu diperlukan integritas menjadi panwascam karena tugas ini tidak main-main.

"Karena itu kerja dengan menjaga integritas dan setiap hari Senin wajib melakukan pleno mingguan dan wajib menyampaikan hasil pleno," ujar mantan Panwascam ini.

Sebagai Panwascam juga dia menekankan untuk menjaga moralitas dan meminta agar jangan arogan karena sudah mejadi Panwascam tapi harus humanis tapi tegas terhadap aturan.

"Kalau ada persoalan di lapangan lakukan pleno dan kalau pleno tidak ada jalan keluar maka koordinasikan ke atas," tambahnya.

Baca juga: Bawaslu NTT Beri Sanksi Bagi KPU di 12 Kabupaten 

Profesionalitas juga menjadi poin terakhir dan setiap panwascam harus melakukan koordinasi dengan camat dan seluruh tokoh masyarakat, agama dan kedepankan pencegahan dengan mengedepankan asas dan prinsip pengawasan.

Salah satu anggota panwascam yang baru dilantik Jefry Bait yang ditempatkan di Kecamatan Kupang Timur mengaku bersyukur telah dilantik menjadi Panwascam.

Dia berkomitmen untuk mengedepankan nilai, asas, dan prinsip pengawasan dalam menjalankan tugasnya apalagi melihat Kecamatan Kupang Timur yang cukup luas denga  7 Kelurahan dan 8 Desa.

"Kami akan melakukan dan mengajarkan pendidikan politik bagi masyarakat juga melakukan pengawasan terhadap tahapan politik yang berlansung disana," ungkapnya.(ary)

Ikuti Berita POS-KUPANG.COM lainnya di GOOGLE NEWS

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved