Kuliner Khas NTT

Kuliner Khas NTT : Ikan Sardin atau Ikan Teri Asin Perairan Teluk Kupang vs Buah Terung Hijau Timor

Salah satu bahan yang cukup murah dan masih bisa dijangkau saat harga bahan sembako meroket adalah sayur terung  hijau dan ikan sardin teri asin.

Penulis: Ferry Ndoen | Editor: Ferry Ndoen
POS-KUPANG.COM/FERRY NDOEN
BAHAN - Dua jenis bahan makanan murah meriah untuk menu makanan Anda. Terung hijau dan ikan sardin atau ikan teri asin dari perairan Teluk Kupang. Bahan ini diolah dengan resep ala Ferry Ndoen, selamat menikmati, GBU 

Laporan Wartawan Pos Kupang.Com, Ferry Ndoen

POS-KUPANG.COM - Banyak bahan yang ada di sekitar kita yang bisa dimanfaatkan dan diolah untuk menambah khasanah jenis makanan dan bisa menambah selera makan Anda di meja makan.

Ada bahan yang murah meriah, namun ada juga bahan yang mahal yang harus menguras dompet kita saat kita pergi berbelanja di pasar.

Salah satu bahan yang cukup murah dan masih bisa dijangkau saat harga bahan sembako meroket adalah sayur Terung hijau dan ikan sardin atau ikan teri asin.

Kedua bahan ini bisa dicampur dan diolah menjadi menu makan yang enak dinikmati bersama keluarga.

Baca juga: Kuliner Khas NTT: Pisang Goreng Spesial NTT Ayam Punya Telur Sapi Punya Nama

Bahan yang dimaksud adalah Terung hijau Timor, tepatnya sayur terung hijau ini hasil kebun petani dari wilayah Kelurahan Fatukoa dan petani dari wilayah Kelurahan Naioni Kupang dan sekitarnya.

Harga Terung hijau masih boleh dikatakan cukup murah.

Harga Terung hijau yang dijual petani pedagang di pasar Inpres Naikoten 1 KASIH Kupang per 3 buah terung Rp 5.000 atau 6 buah Rp 10.000.

Sementara ikan sardin atau ikan teri asin yang sudah dikeringkan harganya per mok susu Rp 15 ribu.

Ikan sardin atau ikan teri asin putih yang sudah dikeringkan hasil tangkapan para  nelayan dari wilayah perairan Teluk Kupang ini boleh dikatakan cukup mahal.

Baca juga: Kuliner Khas NTT, Tumis Sayur Pokcay Rasa Gurih dan Enak di Lidah

Jenis ikan sardin atau ikan teri asin putih masih dijual pedagang dengan harga selangit karena memang harga ikan sardin atau ikan teri asin ini cukup mahal.

Untuk 1 kg ikan sardin atau ikan teri  yang sudah diasinkan Rp 150.000per kg  atau per mok susu di jula Rp 15.000.

Kedua bahan ini jika dikombinasikan menjadi menu makanan maka cukup enak untuk dinikmati bersama keluarga atau tamu spesial Anda.

Bahan yang dibutuhkan yakni Terung hijau dipotong kecil lalu direndam dengan air garam.

Halaman
12
Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved