Berita Kupang

Pekarangan Pangan Lestari Polres Kupang Langkah Jitu Tekan Stunting dan Inflasi

lahan kosong yang ukurannya tidak terlalu luas sekitar 10x10 meter persegi 'disulap' menjadi lahan produktif dengan ditanami tanaman hortikultura

Editor: Edi Hayong
POS-KUPANG.COM/RYAN TAPEHEN
TANAM - Kapolda NTT didampingi Kapolres Kupang saat menanam anakan tanaman holtikultura di pekarangan Pangan Lestari milik Polres Kupang. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ryan Tapehen

POS-KUPANG.COM, OELAMASI- Keberadaan institusi Polri khususnya Polres Kupang lingkup Polda NTT tidak hanya bertugas menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat atau Kamtibmas semata. Lebih dari itu jajaran selalu menciptakan inovasi dengan mengelola lahan tidur di kawasan Mapolres Kupang.

Saat ini ada lahan kosong yang ukurannya tidak terlalu luas sekitar 10x10 meter persegi 'disulap' menjadi lahan produktif dengan ditanami jenis tanaman hortikultura.

Berbagai sayuran hijau yang ditanam seperti, pakcoy, sawi putih, dan selada dan kangkung ada di tempat tersebut yang mereka namakan pekarangan pangan lestari (P2L).

Ada juga tanaman cabe yang sebagian sudah berbuah dan siap panen, tomat serta beberapa tanaman buah dalam pot seperti jambu biji, jeruk, dan anggur yang diletakkan di sekeliling taman tersebut.

Yang menjadi pusat perhatian disana adalah penggunaan sistem hidropinik sederhana dengan paralon yang diletakkan di tengah-tengah taman.

Baca juga: Kunjungan Kapolda ke Polres Kupang, Pemkab Kupang Siap Sinergi dengan Polda Atasi Stunting

Ada empat tingkat pipa yang sudah dirancang, ditanami dengan sayur sawi, pakcoy dan selada yang tumbuh subur dan segar.

Pekarangan pangan tersebut dikelola oleh bhayangkari cabang Kabupaten Kupang yang sudah dibuat sejak dua bulan lalu.

Pada Senin 3 Oktober 2022 Kapolda NTT Irjen Pol Drs Setyo Budiyanto berkesempatan melakukan kunjungan kesana.

Disana Kapolda bersama istri berkesempatan ambil bagian dengan menanam dua anakan cabe rawit yang sudah disiapkan.

Bagi kapolda, tanaman pangan tersebut menjadi bagian dari upaya tekan angka stunting di Kabupaten Kupang.

Baca juga: Kapolda NTT Irjen Pol Setyo Budiyanto Tegaskan Anggota Polres Kupang Terapkan Slogan Polri Presisi

"Dengan apa yang dilakukan Polres Kupang di P2L memanfaatkan lahan pekarangan tidak perlu membeli sayuran, tidak perlu beli ikan lagi karena sudah kita tanam sendiri," ungkap Kapolda.

Selain mengembangkan P2L Polres ada juga 2 kolam ikan yang berbatasan lansung dengan lapangan tembak Polres Kupang.

Dalam kunjungan itu sekitar 5 ribu anakan ikan nila dilepas kedalam kolam ikan tersebut yang nantinya akan sangat berguna bagi warga Polres Kupang.

Bupati Kupang juga memberikan apresiasi atas hal yang sudah dilakukan Polres Kupang, bagi dia dengan adanya P2L dan kolam ikan sangat mendukung program revolusi 5P Pemkab Kupang.

"Yang dilakukan Polres Kupang ini merupakan bagian dari saran untuk masyarakat Bagaimana menghijaukan lahan pekarangan untuk meningkatkan gizi terutama dari sayur-sayuran bagi anggota rumah tangga dan juga bagian dari upaya pencegahan stunting dan inflasi," ujar Bupati Kupang yang ikut memberikan apresiasi atas apa yang sudah dilakukan Polres Kupang.(ary)

Ikuti Berita POS-KUPANG.COM lainnya di GOOGLE NEWS

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved