Berita Rote Ndao

Lanud El Tari Kupang Gelar Baksos Kemanusiaan di Pulau Rote

sebagai salah satu upaya untuk membantu pemerintah dalam mengatasi permasalahan katarak di Indonesia,

Editor: Rosalina Woso
POS-KUPANG.COM/MARIO GIOVANI TETI
BAKSOS - Asisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Setda Rote Ndao, Armis Saek sedang memberi sambutan. Pelayanan operas katarak disaksikan oleh Perwakilan Danlanud El Tari Kupang, Letkol Eddy Chandra, Forkopimda Kabupaten Rote Ndao dan Para Pasien. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Mario Giovani Teti

POS-KUPANG.COM, BA'A - Lanud El Tari Kupang menggelar bhakti sosial kemanusiaan di Pulau Rote, Kabupaten Rote Ndao

Bhakti sosial yang dilaksanakan Lanud El Tari Kupang yakni melayani operasi katarak gratis kepada masyarakat di Pulau Terselatan NKRI, Pulau Rote,  Kabupaten Rote Ndao, berlangsung Kamis, 29 September 2022.

Pelayanan kemanusia kepada empat pasien katarak yang digelar Lanud El Tari Kupang itu, sebagai salah satu upaya untuk membantu pemerintah dalam mengatasi permasalahan katarak di Indonesia.

Baca juga: Warga Desa Mbueain Rote Ndao Gembira Sudah Nikmati Listrik PLN

Kegiatan operasi katarak ini dilaksanakan di RSUD Ba'a, Kabupaten Rote Ndao.

Operasi katarak yang diadakan secara serentak di semua Pos AU se-Kabupaten Nusa Tenggara Timur ini sangat membantu masyarakat. 

Terutama, Kabupaten Rote Ndao yang menjadi garis depan terselatan NKRI, kesehatan SDM-nya perlu ditingkatkan.

Saat memberi keterangan kepada awak media mewakili Danlanud El Tari Kupang, Letkol Eddy Chandra, menerangkan bahwa dari hasil operasi katarak yang terdiri dari 25 pasien katarak, 4 pasien diantaranya merupakan pasien katarak bilateral (kedua mata katarak).

"Kami juga melaksanakan kegiatan bhakti sosial kemanusiaan ini, di 6 Kabupaten secara serentak, sebagai bukti kecintaan TNI AU di ujung negeri," tandas Letkol Eddy Chandra.

Baca juga: El Tari Memorial Cup: Persebata VS Rote Ndao Sama Sama Ingin Ciptakan Sejarah

"Harapan kami dengan operasi katarak ini, masyarakat bisa sehat, karena dengan sehat, kita bisa membangun negeri," ujar Letkol Eddy Chandra.

Diterangkannya juga, giat bhakti sosial melibatkan tenaga medis dari Perdami Sulawesi Selatan yang terdiri dari 2 dokter spesialis mata dan 5 para medis serta pendukung lainnya.

Tenaga tersebut yakni, dr. Ahmad Ashraf, Sp.M (K), M. Kes, dr. Adelina T. Poli, Sp. M, M.Kes, dr. Linda Minar Herawati, dr. Ardy Gisnawan, dr. Nabita Aulia, dr. Ghulam Ahmad Mubaraq dan Hasanuddin Amd.Kep

Selain itu, dirinya juga merincikan, pasien yang mengikuti kegiatan baksos tersebut, berjumlah 51 orang, dan semua berasal dari masyarakat sekitar di wilayah kerja Pos TNI AU Rote, kemudian diskrining oleh tim medis menjadi 25 orang, dalam artian hanya 25 orang yang dioperasi.

Dari semua yang mendaftar, masih kata Letkol Eddy Chandra, belum mencapai keseluruhan, sehingga kedepannya diharapkan giat baksos ini  berkesinambungan.

Halaman
12
Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved