Berita Timor Tengah Selatan

Pemkab TTS Launching Inovasi Kabupaten TTS

Kepala Balitbang Daerah Kabupaten TTS, Jakob E.P Benu, ST, MT mengatakan Pemkab TTS saat ini dituntut melakukan inovasi dalam berbagai sektor.

Editor: Eflin Rote
POS KUPANG.COM/ADRIANUS DINI
LAUNCHING - Pemkab TTS lakukan launching Inovasi Kabupaten TTS di aula Mutis Kantor Bupati TTS, Rabu 28 September 2022. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Adrianus Dini

POS-KUPANG.COM, SOE - Pemkab TTS baru saja menggelar Launching Inovasi Pelayanan Publik Kabupaten TTS. 

Langkah ini dilakukan Pemkab TTS untuk melakukan pembaruan di berbagai sektor.

Kepala Balitbang Daerah Kabupaten TTS, Jakob E.P Benu, ST, MT mengatakan Pemkab TTS saat ini dituntut melakukan inovasi dalam berbagai sektor.

"Inovasi pelayanan publik jadi terobosan pelayanan berupa ide kreatif original atau adaptasi maupun modifikasi yang memberikan manfaat bagi masyarakat," ujar Jakob, Rabu 28 September 2022 saat launching yang digelar di aula Kantor Bupati TTS.

Inovasi pelayanan publik sendiri ungkap Benu tidak mengharuskan suatu penemuan baru, tetapi dapat merupakan suatu pendekatan baru yang bersifat kontekstual. 

"Agar pemda dapat melakukan inovasi dengan baik, Lembaga Administrasi Negara (LAN) tahun 2022 terus berupaya mendorong Pemerintah Daerah termasuk Pemerintah Kabupaten Timor Tengah Selatan mengakselerasi Inovasi sebagai solusi atas permasalahan yang dihadapi dalam penyelenggaraan pemerintah melalui Laboratorium Inovasi Daerah sebagai program prioritas Nasional tahun 2022," urainya.

Kesepakatan Laboratorium Inovasi di Kabupaten TTS diawali dengan Penandatanganan Nota Kerjasama antara pemkab TTS dengan Lembaga Administrasi Negara tentang Penguatan Kapasitas Pemkab TTS pada Tanggal 7 Maret Tahun 2022 yang lalu.

Baca juga: POSPERA dan Warga TTS Gelar Aksi Demonstrasi di PLN Rayon SoE, Tuntut Pemerataan Listrik

"Sejak ditandatangani Nota Kesepakatan Kerjasama tersebut maka Lembaga Administrasi Negara telah mendampingi 43 OPD, 2 LSM untuk melaksanakan sejumlah tahapan dalam Laboratorium Inovasi, mulai dari Drump Up, Coaching Clinik, Design, sampai dengan Tahap Delivey (Hasil/Bukti) yang sekarang kita Launching inovasi hari ini," imbuhnya.

Laboratorium Inovasi yang dilaksanakan saat ini menjadi dasar untuk terus mengembangkan dan mengolah potensi daerah ke depan.

"Mudah-mudahan apa yang kita hasilkan bersama dalam Laboratorium Inovasi ini dapat meningkatkan kinerja organisasi dalam memberikan pelayanan yang terbaik dan memperkuat daya saing daerah serta mewujudkan kesejahteraan masyarakat Timor Tengah Selatan," imbuhnya.

Baca juga: DPRD TTS Sebut Siap Dukung Masyarakat Penyuling Sopi di TTS

Selanjutnya, Kepala pusat inovasi Administrasi Negara, Hartoto, S.P, M.Si menyampaikan, launching laboratorium inovasi kabupaten TTS merupakan upaya mendukung reformasi birokrasi sesuai prioritas program nasional.

Dirinya melihat kegiatan ini sebagai komitmen nyata dari pihak pemda TTS untuk memperbaiki kinerja.

Untuk hal tersebut, dia berterima kasih kepada bupati TTS dan seluruh jajaran yang telah berpartisipasi dan memberi dukungan. 

Halaman
12
Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved