Polisi Tembak Warga Belu

Polisi Tembak Warga Belu, Detik-detik Perlawanan Gerson Yaris Lau Sebelum Tewas

Korban, Gerson Yaris Lau, yang menjadi korban penembakan berstatussebagai Daftar Pencarian Orang atau DPO tersangka kasus pengeroyokan.

Editor: Hasyim Ashari
POS-KUPANG.COM
DIARAK KELILING - Jenazah Gerson Yaris Lau korban penembakan polisi di Belu diarak keluarga keliling kota. Di antaranya ke DPRD Belu dan Mapolres Belu. Korban ditembak polisi karena melawan saat ditangkap anggota Polres Belu 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Christin Malehere

POS-KUPANG.COM - Kabid Humas Polda NTT, Kombes Pol Ariasandy SIK, mengungkap kronologi Polisi Tembak Warga Belu hingga tewas.

Dalam penjelasannya, Kombes Pol Ariasandy SIK, menegaskan Anggota Polres Belu terpaksa menembak warga sipil bernama Gerson Yaris Lau (18).

Langkah tegas diambil karena Gerson Yaris Lau, yang merupakan tersangka kasus pengeroyokan atas nama Eton, berusaha melarikan diri saat ditangkap.

Korban, Gerson Yaris Lau, yang menjadi korban penembakan berstatussebagai Daftar Pencarian Orang atau DPO tersangka kasus pengeroyokan di wilayah Kelurahan Fatubenao, Kota Atambua, Kabupaten Belu, Selasa 6 September 2022.

Baca juga: Kronologi Kasus Polisi Tembak Warga Belu NTT, Korban Adalah DPO Kasus Pengeroyokan

Kepada POS-KUPANG.COM, Selasa 27 September 2022, Kabid Humas Polda NTT, Kombes Pol Ariasandy SIK menjelaskan bahwa kejadian penembakan sekitar pukul 09.30 Wita di Fatubenao, Kecamatan Kota Atambua, Kabupaten Belu.

Kronologi penembakan ketika Brigpol RRS yang berstatus anggota Buser bersama dengan Satuan Intelkam Polres Belu melakukan penangkapan di Dusun Motamaru, Desa Tasain, Kecamatan Raimanuk, Kabupaten Belu.

Awalnya Selasa 27 September 2022 sekitar pukul 08.00 wita, Kanit Intelkam Polsek Raimanuk memberikan informasi terkait keberadaan satu DPO Kasus pengeroyokan bernama Gerson Yaris Lau sementara bersembunyi di Dusun Dusun Motamaruk, Desa Tasain, Kecamatan Raimanuk, Kabupaten Belu.

Baca juga: Polisi Tembak Warga Belu, 11 Fakta Terungkap, Korban Masih Remaja, Jenazah Diarak ke Mapolres Belu

Berdasarkan informasi tersebut Tim Buser dan Intelkam Polres Belu langsung bergerak menuju lokasi persembunyian DPO Kasus pengeroyokan tersebut.

Pada saat anggota tiba di lokasi, Tim Polres Belu akan melakukan penangkapan terhadap pelaku yang saat itu sedang berada di dalam rumah persembunyiannya.

Ketika DPO tersangka Gerson Yaris Lau mengetahui keberadaan petugas, dia langsung bergegas melarikan diri.

Hal tersebut membuat anggota Buser Brigpol R langsung mengejar dan melepaskan tembakan peringatan sebanyak tiga kali.

Baca juga: Kronologi Kasus Polisi Tembak Warga Belu NTT, Korban Adalah DPO Kasus Pengeroyokan

Namun DPO atas nama Gerson Yaris Lau tersebut tetap melarikan diri ke arah menurun menuju lengong.

Karena tembakan peringatan tersebut tidak di indahkan oleh tersangka Gerson Yaris Lau, kemudian anggota  langsung menembak ke arah kaki tersangka dengan tujuan untuk melumpuhkannya.

Akan tetapi saat itu posisi korban dalam keadaan menunduk sehingga tembakan tersebut mengenai punggung belakang sebelah kanannya yang mengakibatkan korban meregang nyawa. (CR14)

Ikuti Berita POS-KUPANG.COM di GOOGLE NEWS

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved