Berita Pendidikan

UPBJJ-UT Kupang Berikan Pelatihan 30 Tutor Baru

Unit Program Belajar Jarak Jauh Universitas Terbuka atau UPBJJ-UT Kupang memberikan pelatihan kepada 30 peserta tutor baru pada Sabtu, (17/9)

Editor: Ferry Ndoen
POS-KUPANG.COM/ASTI DHEMA
TUTOR - Unit Program Belajar Jarak Jauh Universitas Terbuka (UPBJJ-UT) Kupang memberikan pelatihan kepada 30 peserta tutor baru pada Sabtu, (17/9) di Hotel On the Rock Kupang. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Asti Dhema

POS-KUPANG.COM, KUPANG - Unit Program Belajar Jarak Jauh Universitas Terbuka atau UPBJJ-UT Kupang memberikan pelatihan kepada 30 peserta tutor baru pada Sabtu, (17/9)

Disampaikan Kepala UPBJJ-UT Kupang, Drs. Yos Sudarso M.Pd, pelatihan tutor kepada 30 peserta yang berasal dari beberapa perguruan tinggi dan instansi lain di kota Kupang dengan latar belakang bidang ilmu yang berbeda misalnya dari manajemen, pendidikan dan beberapa fakultas yang sesuai program studi dan fakultas Universitas Terbuka. Universitas Terbuka (UT) memberi kesempatan untuk mendaftar dan dipilih sesuai kriteria yang ditentukan.

"Tentunya kalau sebagai dosen atau tutor UT sebagai perguruan tinggi negeri meluluskan S1 sehingga tutornya harus lulusan S2 sesuai dengan bidang ilmu masing-masing," ungkap Yos.

Lanjutnya, jika membutuhkan tutor dari fakultas ekonomi, tentu tutor yang dipilih adalah mereka yang harus berlatar belakang ekonomi begitu pun yang lainnya. 

Dalam merekrut tutor, UT sangat vital karena untuk NTT sendiri, mahasiswa aktif kini berjumlah hampir sepuluh ribu dengan tenaga pengajar atau dosen hanya delapan yang berada di kantor UT Kupang.

"Sehingga tidak mungkin kami untuk bisa mengajar mahasiswa sebanyak itu dan mereka tetap diberikan layanan belajar yang diajarkan oleh tutor yang sesuai," lanjut Yos.

Oleh karena itu, UT hanya merekrut tutor dengan minimal jenjang pendidikan S2  yang jumlahnya di Kupang juga sangat banyak yang tersebar di seluruh perguruan tinggi dan praktisi-praktisi yang ada di Kupang.

Setiap tahun UT merekrut tutor offline tetapi karena karena kondisi sekarang masih dalam pandemi Covid-19 sehingga UT juga menerapkan tutorial online.

Untuk wilayah Kupang sendiri, tutorialnya ada dua untuk mahasiswa UT yang ada di daerah atau di mana pun. Secara umum tutorial yang diberikan UT adalah tutorial online yang merupakan bantuan layanan bantuan belajar yang diberikan kepada mahasiswa di mana saja bahkan sampai ke luar negeri dengan sistem terpusat.

"Karena rekrutmennya dari pusat," ungkapnya.

Sementara untuk yang mewadahi mahasiswa-mahasiswa yang meminta bantuan belajar yang diinginkan dengan tatap muka, UT merekrut tutor-tutor relevan sesuai persyaratan yang ada di daerah setempat sesuai yang dibutuhkan dari berbagai disiplin ilmu seperti yang dilakukan UT Kupang di Hotel On Rock Kupang pada Sabtu, (17/9).

"Hampir semua perguruan tinggi yang ada di NTT berpartisipasi untuk menjadi tutor UT," Kata Yos.

Mahasiswa yang ada di NTT dilayani dua pilihan yaitu tutorial online yang terpusat dan juga tutorial webinar yakni pengganti tutorial tatap muka di kelas-kelas yang sudah ditentukan dan sudah terstandardisasi UT.

Sebelum tutor mengajar, tutor UT diberikan modul atau bahan ajar cetak dan digital yang sudah terstandar dan harus dipenuhi karena dikontrol dan dimonitoring UT.

Setelah melakukan tutor ini para peserta akan dievaluasi. Dia juga mengaku NTT memiliki tutor yang hebat sehingga diharapkan bisa berkembang dan menjadi tutor yang handal. (cr16)

Ikuti berita POS-KUPANG.com di GOOGLE NEWS

 

TUTOR - Unit Program Belajar Jarak Jauh Universitas Terbuka (UPBJJ-UT) Kupang memberikan pelatihan kepada 30 peserta tutor baru pada Sabtu, (17/9) di Hotel On the Rock Kupang.
TUTOR - Unit Program Belajar Jarak Jauh Universitas Terbuka (UPBJJ-UT) Kupang memberikan pelatihan kepada 30 peserta tutor baru pada Sabtu, (17/9) di Hotel On the Rock Kupang. (POS-KUPANG.COM/ASTI DHEMA)
Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved