Berita Lembata

Ini Agenda Yoris Wutun Ikut Sidang PBB di New York Amerika Serikat

panelis muda Plan Internasional Inggris bersama dengan peserta dari negara Ekuador, Lebanon, Malawi, Mali, Zimbabwe, Amerika Serikat dan Inggris.

Penulis: Ricardus Wawo | Editor: Rosalina Woso
POS-KUPANG.COM/HO-DOK ISTIMEWA
POS-KUPANG.COM - Yoris Wutun, 21 tahun, terpilih jadi satu-satunya aktivis muda asal Indonesia yang akan berbicara di forum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di New York, Amerika Serikat.  

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ricardus Wawo 

POS-KUPANG.COM, LEWOLEBA - Yoris Wutun, 21 tahun, terpilih jadi satu-satunya aktivis muda asal Indonesia yang akan berbicara di forum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di New York, Amerika Serikat

Dia akan berbicara tentang pendidikan di masa darurat dan akan terlibat dalam forum Global Feminist Coalition for Gender Transformative Education, pada 20-21 September 2022 di New York.

Mahasiswa Sekolah Tinggu Hukum Jentera Indonesia Jakarta ini sudah bertolak ke New York pada tanggal 15 September 2022 dan akan berada di sana sampai tanggal 23 September 2022.

Baca juga: Dinas Pertanian Lembata Serahkan Alsintan Aspirasi Anggota DPR RI Julie Sutrisno Laiskodat

Gregorius Yosep Laba atau akrab disapa Yoris Wutun  awalnya terpilih menjadi salah satu anggota Global Youth Panel atau panelis muda Plan Internasional Inggris bersama dengan peserta dari negara Ekuador, Lebanon, Malawi, Mali, Zimbabwe, Amerika Serikat dan Inggris.

Berikut ini beberapa agenda yang akan dia ikuti selama berada di Negeri Paman Sam tersebut. 

Pada tanggal 16 September 2022, Yoris Wutun menghadiri opening ceremony Tranforming Education Summit yang merupakan salah satu rangkaian acara Sidang Umum PBB ke-77 di Gedung PBB (United Nations Headquarter) yang dibuka secara langsung oleh Sekretaris Jenderal PBB, Antonio Guterez dan dihadiri oleh para pemimpin dunia di antaranya Para Menteri Pendidikan dan CEO berbagai NGO yang bergerak di bidang pendidikan serta perwakilan kaum muda di seluruh dunia.

Pada 16 September 2022; 12:00-16:00, menghadiri Event Transforming Education Summit Youth Mobilization Day dan Youth Declaration (Deklarasi Kaum Muda) on Transforming Education Summit.

Baca juga: SIMAK Jadwal El Tari Memorial Cup Lembata Selasa 13 September, Laga Saling Bantai Antar Tim

16 September 2022; 16:00-18:00, bersama perwakilan pemimpin muda (Youth-Leader) mengikuti roundtable meeting bersama Gordon Brown, Mantan Perdana Menteri Inggris (2007-2010) yang saat ini bergabung bersama Theirworld.org, sebuah Lembaga Khusus PBB yang bergerak dalam pendanaan pendidikan global. Ada banyak persoalan pendidikan yang dibahas dalam roundtable meeting ini.

Pada kesempatan ini, bersama dengan perwakilan youth-lead dari sejumlah regional, Yoris menyampaikan situasi pendidikan darurat di Asia Tenggara dan Pasifik secara khusus di Indonesia, termasuk Gender Transformative Education sebagai promotor pendidikan global. Brown menjanjikan peningkatan funding pendidikan global sebesar 2 Miliar dollar AS bersama PBB dan sejumlah stakeholder.

Halaman
123
Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved