Berita Labuan Bajo

SPKLU Labuan Bajo Mabar NTT Gunakan Konsep Self Service

Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum atau SPKLU di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Provinsi NTT, saat ini dalam pengoperasiannya menggunakan konsep

Editor: Ferry Ndoen
POS-KUPANG.COM/BERTO KALU
SPKLU - Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang berlokasi di Kampung Ujung, Kecamatan Komodo, Labuan Bajo Manggarai Barat, NTT tampak sepi. Gambar diabadikan pada Sabtu 17 September 2022. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Berto Kalu

POS-KUPANG.COM, KUPANG - Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum atau SPKLU di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Provinsi NTT, saat ini dalam pengoperasiannya menggunakan konsep Self Service.

R.M. Ridwan, PLT Manager PT PLN (Persero) Unit Layanan Pelanggan (ULP) Labuan Bajo  mengatakan, pengguna kendaraan listrik dapat melakukan pengisian baterai kendaraannya sendiri sesuai dengan petunjuk yang ada sehingga tidak memerlukan petugas untuk standby disana.

"Untuk SPKLU mekanismenya mandiri, pelanggan menggunakan sendiri sesuai petunjuk di aplikasi PLN Mobile atau bisa melihat pada papan petunjuk di SPKLU nya, jadi tidak ada petugas yang standby disana, " kata Ridwan saat dihubungi, Minggu 18 September 2022.

Ridwan menambahkan, SPKLU yang berlokasi di Lapangan Parkir Wisata Kampung Ujung, Labuan Bajo ini mengusung konsep fast charging berdaya DC 50 kW dan AC 22 KW.

Untuk pengisian dari 0 persen sampai penuh atau 100 persen, diklaim hanya membutuhkan waktu 2 jam yang tentunya menyesuaikan kapasitas baterai dari kendaraan pengguna.

"SPKLU Kampung Ujung daya nya 50 kW, untuk jumlah kendaraan yg mampu dilayani bergantung kepada kapasitas batere kendaraan tersebut," jelas dia.

Ia mengakui, saat ini SPKLU tersebut memang belum banyak digunakan, karena belum banyaknya pengguna Mobil Listrik di Labuan Bajo.

Berdasarkan pantauan Pos Kupang kurang lebih dua jam di lokasi tersebut kondisinya tampak sepi, dalam kurun waktu tersebut tidak terlihat satu pun kendaraan yang menggunakan SPKLU tersebut.

Sinta, salah satu warga sekitar mengaku jarang melihat ada kendaraan yang menggunakan SPKLU Kampung Ujung.

"Jarang orang gunakan, bahkan biasanya itu lokasi jadi tempat parkir kalau ada acara-acara besar disekitar jalan ini, " ungkapnya. (*)

Ikuti berita POS-KUPANG.com di GOOGLE NEWS

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved