Berita Sumba Timur

Kasus Kebakaran Hebat di Desa Palakahembi, Camat Kaborang Pastikan Tidak ada Korban Jiwa

Kaborang turun langsung ke lokasi kebakaran bersama dengan Kapolsek Pandawai Ipda Frinsen Benkiuk juga Kepala Desa Palakahembi Arif Dilu Marambadjawa

Penulis: Ryan Nong | Editor: Edi Hayong
POS-KUPANG.COM/ISTIMEWA 
KEBAKARAN - Kasus kebakaran hebat di Dusun Menggit Timbi Desa Palakahembi Sumba Timur, Selasa 13 September 2022. Saat ini mobil pemadam kebakaran dari Pemkab Sumba Timur telah diturunkan ke lokasi untuk memadamkan api 

Laporan Wartawan POS-KUPANG.COM, Ryan Nong

POS-KUPANG.COM, WAINGAPU- Kasus kebakaran hebat yang terjadi di Dusun Menggit Timbi Desa Palakahembi Kecamatan Pandawai Sumba Timur pada Selasa 13 September sore tidak sampai memakan korban jiwa. 

"Puji Tuhan kebakaran tidak sampai menimbulkan korban jiwa. Itu yang kita jaga supaya jangan terjadi," ujar Camat Pandawai Dominggus Kaborang saat dikonfirmasi POS-KUPANG.COM, Selasa 13 September 2022 malam. 

Kaborang turun langsung ke lokasi kebakaran bersama dengan Kapolsek Pandawai Ipda Frinsen Benkiuk juga Kepala Desa Palakahembi Arif Dilu Marambadjawa.

Menurutnya, upaya pemadaman dilakukan secara bergotong royong oleh warga sebelum mobil pemadam kebakaran (damkar) dan mobil tangki air tiba. 

Ia menyebut, kebakaran itu terjadi mulai pukul 16.00 Wita. Meski demikian pihaknya belum mengetahui musabab kebakaran yang menghanguskan lahan pertanian warga termasuk puluhan pohon nira tersebar di lokasi itu. 

Baca juga: BREAKING NEWS :  Pemukiman di Desa Palakahembi Sumba Timur Terbakar 

Selain itu, pihaknya juga belum memastikan luasan lahan yang terbakar karena hingga saat ini upaya pemadamaan kebakaran masih berlangsung. 

"Kita belum bisa pastikan luasan yang terbakar. Terkait penyebab juga masih didalami, termasuk teman teman dari kepolisian masih melakukan pendalaman," ujar Kaborang. 

Hingga pukul 20.45 Wita, sebanyak delapan mobil tengki air telah dikerahkan ke lokasi.

Mobil tengki tersebut kata Kaborang terdiri dari mobil tengki milik pemerintah kabupaten Sumba Timur serta mobil tengki air milik perusahaan tebu PT MSM. 

Pihaknya mengaku bersyukur karena para petugas yang bahu membahu dapat melokalisir kebakaran.

Baca juga: Hati-Hati Bahaya, BMKG Keluarkan Peringatan Kebakaran Hutan dan Lahan di Sumba Timur  

"Teman teman sudah upayakan padaman, hampir 80 persen sudah tertangani, tersisa bara bara yang masih ada," tambah Kaborang. 

Para petugas terus melakukan upaya pemadaman secara maksimal dan tetap mewaspadai potensi angin yang bertiup yang dapat memicu kembali titik api. 

Sebelumnya diberitakan, pemukiman penduduk dan lahan milik masyarakat di RT. 19 Dusun Menggit Timbi Desa Palakahembi Kecamatan Pandawai terbakar hebat. 

Halaman
12
Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved