Berita Nasional

DPRD DKI Jakarta Resmi Usulkan Pemberhentian Anies Baswedan, PDIP Ungkit Janji Belum Terwujud

PDIP mengungkit janji Anies Baswedan yang belum juga terwujud hingga saat ini. Anies pun berjuang mewujudkan janji-janji dimaksud selama waktu tersisa

Editor: Agustinus Sape
KOMPAS.com/SANIA MASHABI
RAPAT PARIPURNA - Para Pimpinan DPRD DKI Jakarta sedang menandatangani Berita Acara Pelaksanaan Rapat Paripurna Usulan Pemberhentian Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria di Gedung DPRD DKI Jakarta, Selasa 13 September 2022. 

POS-KUPANG.COM, JAKARTA - Minggu 16 Oktober 2022 atau kurang lebih tinggal satu bulan lagi Anies Baswedan bersama wakilnya Ahmad Riza Patria akan mengakhiri masa jabatan sebagai gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta.

PDIP mengungkit Janji kampanye Anies Baswedan yang belum juga terwujud hingga saat ini. Anies pun berjuang mewujudkan Janji kampanye  dimaksud selama waktu yang masih tersisa.

Untuk diketahui, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta, Selasa 13 September 2022, mengumumkan pengusulan berakhirnya masa jabatan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan beserta wakilnya Ahmad Riza Patria.

Setelah resmi diumumkan,  usulan tersebut akan disampaikan kepada Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian untuk ditindaklanjuti Presiden Joko Widodo alias Jokowi.

"Maka, saudara Anies Baswedan dan Ahmad Riza Patria masing-masing sebagai kepala daerah dan wakil kepala daerah masa jabatan 2017-2022 diusulkan pemberhentian sebagai kepala daerah dan wakil kepala daerah," kata Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi, Selasa.

Baca juga: Cerita Pelajar SMAK Frateran Ndao Ende Flores Bertemu Ganjar Usai Meraih Juara Paduan Suara

Sebagai informasi, masa jabatan Anies dan Riza akan resmi berakhir pada 16 Oktober 2022. Posisi Gubernur DKI Jakarta nantinya diisi oleh Penjabat (Pj) Kepala Daerah selama lebih dari dua tahun.

Sementara itu, pada Minggu 11 September 2022 atau 35 hari sebelum lengser, Riza menyempatkan diri untuk berpamitan dengan warga Ibu Kota.

"Saya sekalian pamit, tanggal 16 Oktober (2022), Pak Gubernur Anies dengan saya selesai melaksanakan tugas," kata Riza kepada awak media, Minggu 11 September 2022.

Dalam kesempatan itu, Riza bercerita bahwa dirinya menjadi Wakil Gubernur DKI Jakarta sejak 2020. Saat itu, ia menggantikan Sandiaga Uno yang maju untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.

"Dulu Pak Anies, sejak tahun 2017 bersama Pak Sandiaga Uno. Kemudian, saya meneruskan 2,5 tahun terakhir," ujarnya.

Politisi Gerindra itu pun memohon maaf atas kekurangannya selama menjadi Wakil Gubernur DKI Jakarta.

"Mohon maaf atas kekurangan selama ini," kata Riza.

Beberapa hari sebelumnya, yakni pada Jumat 9 September 2022, Anies juga menyempatkan diri untuk berpamitan kepada warga.

"Insya Allah nanti kita jumpa lagi takdirkan bisa kembali ke sini lagi, walaupun nanti waktunya belum tahu kapan, tapi yang pasti bulan depan saya istirahat. Saya selesai jadi gubernur," ujarnya saat meresmikan Masjid Jami Al Hidayah di Klender, Duren Sawit, Jakarta Timur, 9 September 2022.

Halaman
123
Sumber: Tribun Timur
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved