Berita Kota Kupang

Manfaat Metode Kanggurus untuk Bayi Prematur

pemberian ASI eksklusif dan dapat dilakukan sejak bayi dirawat di ruang intensif sampai bayi dipulangkan ke rumah.

Editor: Rosalina Woso
POS-KUPANG.COM/ISTIMEWA
dr.Celine 

Oleh : dr. Celine

POS-KUPANG.COM - Metode kangguru adalah metode perawatan yang dianjurkan untuk bayi prematur dan bayi dengan berat badan lahir rendah.

Perawatan yang dimaksud adalah proses penggendongan bayi yang dapat dilakukan oleh ibu ataupun ayah melibatkan kontak langsung kulit ke kulit.

Kelahiran premature diartikan sebagai kelahiran bayi yang terjadi dibawah usia kandungan 37 minggu, sedangkan berat badan lahir bayi rendah adalah berat badan lahir dibawah 2500 gram.

Baca juga: Sampah Terbanyak di Kota Kupang Dihasilkan dari Rumah Tangga

Kedua kondisi ini memerlukan perhatian khusus dalam perawatan karena bayi belum memiliki sistem organ dan daya tahan tubuh yang matang sehingga berisiko tinggi untuk beradaptasi dengan dunia luar.

WHO merekomendasikan agar metode kangguru dilakukan secara dini dan terus menerus antara ibu dan bayi. Perawatan ini juga meliputi pemberian ASI Eksklusif dan dapat dilakukan sejak bayi dirawat di ruang intensif sampai bayi dipulangkan ke rumah.

Penerapan metode kangguru yang benar adalah ibu tidak memakai bra, sebaiknya hanya menggunakan pakaian yang berkancing terbuka di bagian dada sedangkan bayi hanya menggunakan popok atau tidak mengenakan pakaian.

Kemudian posisikan bayi diatas dada ibu dan tutup dengan pakaian atau selimut.

Pastikan sepanjang proses, posisi bayi nyaman dan dapat beristirahat di atas dada ibu. Metode kangguru yang dianjurkan minimal 60-90 menit per kali sebanyak 6-8 kali per hari.

Manfaat metode kangguru antara lain adalah

Halaman
12
Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved