Berita TTU

Pimpin Upacara HUT Kemerdekaan ke-77 RI, Bupati TTU Targetkan Pembangunan 400 Rumah Layak Huni

pimpinan OPD, para Prajurit TNI, aparat Kepolisian, perwakilan SD, SMP dan SMA serta para ASN lingkup Pemkab TTU.

Penulis: Dionisius Rebon | Editor: Rosalina Woso
POS-KUPANG.COM/DIONISIUS REBON
PERAYAAN - Pose perayaan HUT RI ke-77 di halaman Kantor Bupati Timor Tengah Utara, Rabu, 17 Agustus 2022 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, COM, Dionisius Rebon

POS-KUPANG.COM, KEFAMENANU - Bupati Timor Tengah Utara, Drs. Juandi David, memimpin langsung upacara Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia.

Perayaan Hari Besar Bangsa Indonesia di Kabupaten TTU yang berlangsung di halaman Kantor Bupati TTU pada, Rabu, 17 Agustus 2022 ini dihadiri oleh, Wakil Bupati TTU, Drs Eusabius Binsasi, Forkopimda Kabupaten TTU, pimpinan OPD, para Prajurit TNI, aparat Kepolisian, perwakilan SD, SMP dan SMA serta para ASN lingkup Pemkab TTU.

Bupati Timor Tengah Utara, Drs. Juandi David dalam pidato kemerdekaannya mengatakan, Peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 mengusung tema "PULIH LEBIH CEPAT, BANGKIT LEBIH KUAT".

Tema ini mengacu pada persoalan yang sedang dihadapi oleh bangsa Indonesia, yakni Pandemi Covid-19. Di mana wabah penyakit ini telah meluluhlantahkan hampir semua sendi kehidupan.

Baca juga: GMNI Cabang Kefamenanu Kritisi Surat Kadis PKO Kabupaten TTU , Ini Tujuannya

Namun, dengan semangat persatuan dan gotong royong yang merupakan nilai-nilai Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika, bangsa yang besar ini mampu melewati badai tersebut.

"Dan pada momentum perayaan kemerdekaan ini, saya menyerukan kepada seluruh warga Timor Tengah Utara, mari kita bergandengan tangan dan bersinergi untuk terus bekerja keras, cerdas dan ikhlas untuk kemajuan Timor Tengah Utara; maju daerahnya dan sejahtera masyarakatnya," ungkapnya.

Di tengah gelora semangat nasionalisme dan patriotisme yang senantiasa mengiringi peringatan kemerdekaan, orang nomor satu Kabupaten TTU ini mengajak seluruh komponen masyarakat Timor Tengah Utara untuk terus bersemangat menjadi pelaku pembangunan yang menghadirkan berbagai prestasi bagi kemajuan Timor Tengah Utara.

Meskipun tidak dalam capaian yang fantastis, ucapnya, kondisi hari ini cukup meningkatkan optimisme pasca adanya perubahan Timor Tengah Utara menuju ke arah yang lebih baik.

Trend positif perubahan itu dapat dilihat dari Data dan Informasi Statistik Kabupaten TTU, yakni;  Indeks Pembangunan Manusia (IPM) sebagai indikator kualitas pembangunan manusia, meningkat dari 62,03 persen pada tahun 2017 menjadi 63,69 % pada tahun 2021.

Baca juga: Gelar Raker Bersama Para Kepala Desa di Kabupaten TTU, Begini Pesan Gubernur NTT

Usia Harapan Hidup sebagai indikator kesehatan meningkat dari 66,45 tahun, pada 2018 menjadi 66,96 tahun, pada 2020; Namun masih ada satu persoalan bidang kesehatan yang harus dituntaskan ke depan yakni tingginya prevelensi stunting.

Saat ini semua komponen masyarakat dan pemerintah daerah sedang gencar melakukan upaya percepatan penurunan prevalensi stunting.

Ia berharap melalui semangat  peringatan Kemerdekaan RI, Kabupaten TTU dapat menuntaskan penurunan prevelensi stunting hingga berada di bawah ambang toleransi WHO pada akhir tahun ini.

Dijelaskan Juandi,  pertumbuhan ekonomi kabupaten ini terus meningkat dari 4,42 % pada 2012 menjadi 5,10 % pada 2019. Namun pada tahun 2020, nilai pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Timor Tengah Utara turun signifikan hingga mencapai 0,59 % (minus nol koma lima puluh sembilan persen).

Halaman
12
Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved