Berita Rote Ndao

Stop Karhutla, Polsek Rote Tengah Kolaborasi dengan Pemerintah Setempat Adakan Rapat Tim Relawan

khususnya dalam rangka menghadapi puncak musim kemarau yang disertai angin kencang di Kabupaten Rote Ndao

Editor: Rosalina Woso
POS-KUPANG.COM/Dok. Polsek Rote Tengah
FOTO BERSANA - Jajaran Polsek Rote Tengah, Pemerintah Kecamatan Rote Tengah serta Relawan Karhutla (Kebakaran Hutan dan Lahan) pose bersama usai Rapat Tim Relawan Karhutla Kabupaten Rote Ndao. Jumat, 12 Agustus 2022.   

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Mario Giovani Teti

POS-KUPANG.COM, BA'A - Jajaran Kepolisian Sektor atau Polsek Rote Tengah, Kecamatan Rote Tengah serta Relawan Karhutla atau Kebakaran Hutan dan Lahan melaksanakan Rapat Tim Relawan Karhutla, Kabupaten Rote Ndao.

Rapat ini berlangsung di Posko Relawan Karhutla Kabupaten Rote Ndao, Dusun Sosadale, Desa Siomeda, Kecamatan Rote Tengah. Jumat, 12 Agustus 2022.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Camat Rote Tengah, Marthen Muskanan, KRPH Kecamatan Rote Tengah, Hengky Tulle dan 18 Orang Relawan.

Baca juga: Dukung Konversi Energi UMKM, Bupati Rote Ndao Bersama PLN Serahkan Bantuan Kompor Induksi

Kepada POS-KUPANG.COM, Kapolsek Rote Tengah, Ipda Charles Rihi Pati menyampaikan bahwa ia bersama Camat Rote Tengah memberikan pendampingan sekaligus memberikan edukasi atau arahan terkait dengan cara bertindak yang sesuai dengan SOP (Standar Operasional Prosedural) sebagai Relawan Karhutla.

"Kita perlu mengantisipasi bencana karhutla, khususnya dalam rangka menghadapi puncak musim kemarau yang disertai angin kencang di Kabupaten Rote Ndao," ungkap Ipda Charles Rihi Pati.

Menurutnya, antisipasi itu dilakukan dengan memelihara ekosistem gambut, memberdayakan masyarakat, penegakan hukum dan menyosialisasikan kepada masyarakat, serta secara terpadu dalam satu frekuensi melaksanakan patroli dan penanggulangan karhutla.

"Kami juga akan rutin menggelar pasukan dalam rangka pengecekan maupun berbagai pelatihan yang diperlukan, sehingga siap kapan pun menghadapi karhutla," jelas Ipda Charles Rihi Pati.

Baca juga: Bupati Rote Ndao Sebut Pemerintah dan Gereja Adalah Mitra

Selain itu, kata dia, pihaknya dengan pemerintah setempat sudah membentuk tim relawan serta mengedukasi dan mensosialisasikan simulasi apabila terjadi bencana karhutla.

Adapun selain upaya yang maksimal dari Polsek Rote Tengah, pemerintah setempat dan relawan dalam upaya pecegahan maupun penanganan karhutla, Ipda Charles Rihi Pati juga mengharapkan kesadaran dan partisipasi dari masyarakat untuk bersama-sama menjaga lingkungan. 

"Saya harap, kiranya para relawan menjadi corong bagi masyarakat terkait upaya pencegahan dan penanganan kebakaran hutan demi masa depan anak cucu," harapnya.

Kemudian kegiatan tersebut dilanjutkan dengan pendampingan oleh Camat Rote Tengah bersama Kapolsek Charles kepada para relawan pada saat melakukan Patroli di titik-titik rawan kebakaran yaitu di lokasi Hutan Jati Maubesi dan Hutan Latuki Siomeda. (*)

Ikuti berita Pos-kupang.com di GOOGLE NEWS

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved