Berita Kupang Hari Ini

Banyak Ternak Sapi di Raknamo Terkena Penyakit Mata, Ini Penyebabnya

banyak penyakit mata karena lingkungannya kotor, disitu menjadi sarang lalat bertelur dan akan menginfeksi ternak sapi tepatnya di mata

Editor: Edi Hayong
POS-KUPANG.COM/RYAN TAPEHEN
OBATI MATA - Pemberian obat mata bagi ternak sapi milik petani di Desa Raknamo. Penyakit mata akibat cacing mata pada ternak sapi cukup banyak dijumpai di ternak milik oetani di desa Raknamo, Kecamatan Amabi Oefeto Kabupaten Kupang 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ryan Tapehen

POS-KUPANG.COM, OELAMASI- Kasus penyakit mata akibat cacing mata pada ternak sapi cukup banyak dijumpai di ternak milik petani di Desa Raknamo, Kecamatan Amabi Oefeto Kabupaten Kupang.

Penyebabnya utamanya menurut Dr. drh. I Gusti Komang Oka Wirawan MP , salah satu Dosen Jurusan Peternakan Politani Prodi Kesehatan Hewan bahwa ini disebabkan dari Lalat.

"Di sini banyak penyakit mata karena lingkungannya kotor, disitu menjadi sarang lalat bertelur dan akan menginfeksi ternak sapi tepatnya di mata," ujar drh. Oka, Jumat 12 Agustus 2022 di Raknamo.

Dalam kegiatan pengabdian masyarakat mereka di Poktan Fajar Pagi II dari Prodi Kesehatan Hewan mereka menjumpai banyak ternak baik sapi, babi, kambing, dan ayam yabg harus mendapat tindakan pemberian vaksin.

Vaksin tersebut agar ternak menjadi sehat dan tidak gampang terserang penyakit yang memang cukup rentan bila lingkungan hewan tidak dijaga kebersihannya.

Baca juga: Di Propinsi NTT Produk Olahan Asal Hewan Rentan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) Dimusnahkan

Melalui kegiatan mereka, lanjut drh. Oka semua ternak masyarakat diberikan tindakan preventif dan kuratif dengan obat dan vaksin sesuai penyakit yang diderita ternak.

"Tadi kita temukan ada sapi yang terkena gejala spidol art maka kita berikan tindakan kuratif dengan obat Permethrin," katanya.

Untuk itu, lanjut drh. Oka, sebagai salah satu pakar kesehatan hewan dia memberikan masukan agar manajemen pemeliharaan ternak diperbaiki, baik dari segi pakan, segi sanitasi, dan juga memberikan perhatian yang baik pada ternak.

Pada kesempatan yang sama drh. Novianti N. Toelle, M.Sc menambahkan kegiatan mereka bersama masyarakat di Desa Raknamo ini akan dilakukan secara rutin sebab kehadiran mereka disana juga atas permintaan masyarakat setelah melalui survey dari tim Politani.

"Kami akan terus berikan pendampingan, karena tadi kita sudah berikan tindakan dengan obat untuk gejala penyakit dan vaksin kami akan datang lagi untuk cek perkembangannya," ungkap drh. Novianti.

Baca juga: Polres Kupang Perketat Pengawasan di Pelabuhan Bolok Cegah Masuknya PMK

Salah satu petani, Isak Sakau dari Kelompok Tani Fajar Baru II mengungkapkan dengan kehadiran Politani mereka yang selama ini tidak tahu tentang jenis-jenis penyakit pada hewan bisa lebih tahu.

"Terima kasih sudah ada bersama kami, selama ini kami juga butuh penyuluhan tentang kesehatan hewan sehingga segera  tahu bila sapi kami sakit," ujarnya.

Dia meminta agar Politani terus melalukan pendampingan terhadap mereka untuk memberikan mereka pemahaman yang baik tentang pentingnya kesehatan hewan.(cr9)

Ikuti Berita POS-KUPANG.COM di NEWS GOOGLE

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved