Renungan Harian Katolik

Renungan Harian Katolik Rabu 10 Agustus 2022, Rahasia Menggandakan Berkat dan Sukacita

Renungan Harian Katolik berikut disiapkan oleh RD. Dr. Maxi Un Bria dengan judul Rahasia Menggandakan Berkat dan Sukacita.

Editor: Agustinus Sape
FOTO PRIBADI
RENUNGAN - RD. Dr. Maxi Un Bria menyampaikan Renungan Harian Katolik untuk hari Rabu 10 Agustus 2022 dengan judul Rahasia Menggandakan Berkat dan Sukacita. 

POS-KUPANG.COM  - Renungan Harian Katolik berikut disiapkan oleh RD. Dr. Maxi Un Bria dengan judul Rahasia Menggandakan Berkat dan Sukacita.

RD. Dr. Maxi Un Bria menulis Renungan Harian Katolik ini dengan mengacu pada bacaan Injil Yohanes 12:24-26, Pesta Santo Laurensius, Diakon dan Martir.

Di akhir Renungan Harian Katolik ini disediakan teks lengkap bacaan Rabu 10 Agustus 2022 beserta mazmur tanggapan dan bait pengantar Injil.

Santo Laurensius, Diakon dan Martir serta salah satu Pelindung Kota Roma yang kita rayakan hari ini, dengan tulus melayani gereja sampai akhir hayat.

Ia memberikan pelayanan terbaiknya bagi orang sakit dan fakir miskin di Kota Roma dengan peran sebagai diakon yang melayani Sri Paus Sixtus II.

Baginya harta milik gereja adalah kaum fakir miskin yang mesti diperhatikan dan diurus dengan sebaik-baiknya.

Ia menjaga harta milik gereja, sehingga ketika diminta oleh prefek kota Roma untuk menyerahkan harta milik gereja yang dikelolanya, segera ia mengumpulkan dan membawa orang-orang miskin kepada prefek kota Roma seraya berkata, “Inilah harta milik gereja, uruslah dengan baik.“

Karena tindakan ini dilihat sebagai sebuah olokan bagi petinggi kota Roma saat itu, maka Santo Laurensius diberi hukuman mati dengan cara dipanggang di atas terali besi yang panas hingga wafat.

Baca juga: Renungan Harian Katolik Rabu 10 Agustus 2022, Saling Menolong dalam Kasih

Kita dapat belajar dari Santo Laurensius yang menjaga dan mengelola harta milik gereja dengan bijaksana. Ia tulus dan menyatukan hatinya dengan gereja. Bahkan demi menjaga harta milik gereja, ia rela mengorbankan dirinya.

Apa yang dilakukan oleh Santo Laurensius berkaitan dengan pesan bacaan hari ini. Barangsiapa yang banyak menabur kebaikan juga akan menuai berlipatganda kebaikan.

Siapa saja yang memberi dan berbagi kebaikan dengan sukacita akan mendapat berkat. Bahkan Allah semakin menggandakan berkat dan menganugerahkan rahmat-rahmat yang diperlukan untuk menghadirkan kebaikan dan sukacita bagi banyak orang.

Dalam cara pandang demikian, maka kerelaan, ketulusan dan pengorbanan sangat dibutuhkan dari setiap orang beriman dalam upaya menggandakan berkat serta sukacita bagi banyak orang.

Seperti Yesus yang telah memberikan diri seutuhnya hingga wafat di salib dan mendapatkan penghormatan dan kemuliaan dari Allah dengan dibangkitkan pada hari ketiga. Demikian juga setiap orang beriman yang melakukan kebaikan dan kebajikan dalam hidup mendapatkan penghormatan dan berkat dari Allah.

Baca juga: Renungan Harian Katolik Rabu 10 Agustus 2022, Semangat Rela Berkorban

Semoga perayaan Santo Laurensius, Diakon dan Martir menginspirasi kita agar mampu berjuang menyatukan diri dengan hati gereja, siap sedia melayani dan berbagi dengan sukarela demi menghadirkan sukacita bagi banyak orang.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved