Kabar Artis

Jokowi Ungkap ke Presiden Rammos Horta Pentingnya Buka Rute Pelayaran Kupang-Dili

Presiden Timor Leste , Jose Ramos Horta melakukan kunjungan kenegaraan ke Indonesia. Orang nomor satu Timor Leste itu diterima Presiden RI , Joko Wid

Editor: Alfred Dama
Kompas.com
KENANG JAKARTA -- Presiden Timor Leste Jose Ramos Horta saat diterima Presiden Joko Widodo di Istana Bogor. Ramos Horta mengenang kembali Jakarta yang pernah dikunjunginya sejak tahun 1974 

POS KUPANG.COM -- Presiden Timor Leste , Jose Ramos Horta melakukan kunjungan kenegaraan ke Indonesia.

Orang nomor satu Timor Leste itu diterima Presiden RI , Joko Widodo di Istana Negara , Selasa 19 July 2022

Pada kesempatan itu, berbagai rencana kerjasama bidang ekonomi dibahas dua kepala negara ini

Salah satu yang dibasaha ada rencana pembukaan rute pelayaran Kupang-Dili

Presiden Timor Leste Jose Ramos Horta mengatakan, pihaknya bersyukur atas dukungan Indonesia bagi pembangunan Timor Leste di berbagai bidang.

Baca juga: Timor Leste Berharap Bisa Gabung ASEAN Saat Indonesia Jadi Ketua pada 2023

"Kami sangat bersyukur atas dukungan Indonesia di berbagai sektor pembangunan Timor Leste, termasuk di sektor pendidikan dan sumber daya manusia Timor Leste," kata Ramos Horta dalam keterangan pers usai bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Bogor, Selasa (19/7/2022).

Ramos Horta mengatakan, Timor Leste dan Indonesia memiliki komitmen untuk melanjutkan hubungan baik antara dua negara yang telah terbangun selama 20 tahun.

Ia pun berharap hubungan Timor Leste dan Indonesia di bidang perdagangan dan ekonomi dapat terus meningkat.

Baca juga: Didampingi Joko Widodo, Presiden Timor Leste Jose Ramos Horta Anakan Pohon Gaharu di Istana Bogor

"Kami bersyukur Presiden Jokowi setuju untuk memperkuat sumber daya air Timor Leste melalui bendungan dan industri di perbatasan Timor Timur-Timor Barat," kata Ramos Horta.

Sebelumnya, Jokowi mengungkapkan ada sejumlah hal yang disepakati dari pertemuan antara delegasi Indonesia dan Timor Leste di Istana Bogor hari ini.

Beberapa di antaranya, kedua negara sepakat untuk meningkatkan perdagangan antara Timor Leste dan Indonesia serta memperkuat konektivitas melalui darat dan laut.

Baca juga: Putra Raul Lemos Gagah dengan Busana Tradisional Timor Leste, Suami Krisdayanti Ungkap Rindu

"Untuk darat saya harapkan peluncuran trayek bus rute Kupang-Dili dapat segera dilakukan dan untuk konektivitas laut saya menilai pentingnya untuk membuka rute kapal Kupang-Dili-Darwin," kata Jokowi.

Jokowi juga menyampaikan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) berkomitmen untuk berpartisipasi dalam pembangunan di Timor Leste, termasuk di bidang infrastruktur.

Artikel lain terkait Timor Leste

Artikel lain KLIK di Pos Kupang.com

Sebagian Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ramos Horta Bersyukur Indonesia Dukung Pembangunan di Timor Leste"

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved