Tips Sehat

Rentan Serang Lansia, Kenali 3 Jenis Kanker Darah dan Perhatikan Gejalanya

Keganasan ini terkait erat dengan usia dan tingkat insiden meningkat secara eksponensial setelah usia 50 tahun.

Editor: Eflin Rote
wikiwand
Kanker Darah atau Leukimia. Kenali gejala awal kanker darah pada anak 

POS-KUPANG.COM - Kanker darah merupakan salah satu penyakit tidak menular yang rentan menyerang kelompok lanjut usia (lansia). Ada 3 jenis kanker darah yang sering terjadi yaitu Leukemia, Limfoma, dan Myeloma Multipel.

Hal ini disampaikan oleh Dokter Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Hematologi Onkologi di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta, Dr Nadia Ayu Mulansari SpPD,K-HOM dalam diskusi daring bertajuk “Sayangi Lansia Kita dengan Deteksi Dini Kanker Darah”, Rabu (8/6/2022).

Di negara yang lebih maju, jumlah total kasus baru kanker darah yang terjadi pada orang berusia 70 tahun atau lebih, mewakili 45 persen dari total kasus.

Baca juga: Segera Konsultasi Bila Nyeri Dada, Mengi Bisa Jadi Gejala Penyakit Paru-paru, 4 Gejala Lainnya?

Keganasan ini terkait erat dengan usia dan tingkat insiden meningkat secara eksponensial setelah usia 50 tahun.

Darah memiliki fungsi yang sangat vital bagi kesehatan tubuh manusia, karena darah menyumbang sekitar 8 persen dari berat badan normal kita dan berfungsi untuk memasok oksigen, nutrisi, hormon, dan antibodi ke seluruh tubuh.

Darah terdiri dari campuran plasma dan sel darah berupa sel darah merah, sel darah putih, dan trombosit.

Baca juga: Sering Ganggu Aktivitas, Kenali Gejala, Penyebab dan Faktor Risiko Migrain

Pada kondisi normalnya, sel darah putih secara teratur dihasilkan untuk menggantikan sel darah putih yang sudah lama ataupun mati.

Namun, saat produksi sel darah ini terjadi secara berlebihan atau terjadinya gangguan pertumbuhan sel darah di sumsung tulang, maka akan sangat berisiko untuk terjadinya penyakit kanker darah.

Disampaikan Nadia bahwa penyebab pastii penyakit kanker darah sampai saat ini masih belum diketahui, tetapi bersifat multifaktorial. Saat ini para ahli masih menduga kuat bahwa kanker darah sangat berkaitan dengan penurunan imunitas.

Baca juga: Gejala Penyakit Paru-paru yang Perlu Diketahui, Segera Konsultasi Jika Alami Gejala Ini

“Salah satu mekanisme yang diduga terkait adalah penurunan imunitas adaptif yang berhubungan dengan penambahan usia, sehingga risiko mengalami kanker darah akan meningkat pada usia lanjut,” ujarnya.

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved