Berita NTT Hari Ini

Bulan Depan Kadin NTT Ekspor Perdana Produk UMKM ke RDTL

Ekspor perdana tersebut usai melakukan pertemuan bersama CCI Timor Leste dalam membahas terkait rencana perdagangan antara NTT-Tiles

Editor: Edi Hayong
POS-KUPANG.COM/HO-KADIN NTT
FOTO BERSAMA-- Foto bersama ketua dan pengurus Kadin NTT dengan ketua CCITL di Dili. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Irfan Hoi

POS-KUPANG.COM, KUPANG-- Pertemuan bilateral antara Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) NTT bersama pengusaha Republik Demokratik Timor Leste (RDTL) pada beberapa waktu lalu menemui jalan mulus.

Pada bulan Juni 2022, produk usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dari NTT akan diekspor ke Timor Leste. Informasi itu disampaikan, ketua umum Kadin NTT Bobby Liyanto, usai melakukan lawatan ke negara tetangga itu.

"Ekspor perdana tersebut usai melakukan pertemuan bersama CCI Timor Leste dalam membahas terkait rencana perdagangan antara NTT-Tiles (Timor Leste-red)," ujarnya, Minggu, 22 Mei 2022.

Ia melanjutkan, produk UMKM ini nantinya akan dipasarkan pada salah satu supermarket terbesar di Dili.

"Kami sudah melakukan kunjungan ke supermarket salah satunya ada centro supermarket," kata Bobby.

Baca juga: Kadin NTT dan CCITL Lakukan Pertemuan Bilateral di Dili, Ini Yang Dibahas

Supermarket ini, lanjut Bobby, memiliki beberapa cabang. Dari kesepakatan itu juga supermarket ini akan memberikan ruang agar produk UMKM dari NTT dipasarkan pada supermarket tersebut.

"Prodak UMKM ini akan dipasarkan pada rak paling depan selama tiga bulan dan siap untuk menerima produk dari NTT," tambahnya.

Selain produk UMKM, Kadin dan CCI TL membahas terkait kemudahan dalam berbisnis dan juga kawasan bebas visa bagi setiap orang yang tinggal di Pulau Timor yang ingin ke Tiles dan sebaliknya.

Diberitakan sebelumnya, Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) NTT dan CCITL melakukan pertemuan bilateral antar kedua negara. CCITL merupakan asosiasi pengusaha di Timor Leste.

Pertemuan para pengusaha dari NTT dan Republik Demokratik Timor Leste (RDTL) itu guna membangun hubungan dagang antar dua negara dikawasan perbatasan. 

Baca juga: HIPMI NTT Harap Regulasi Perjalanan NTT - Timor Leste Dipermudah 

Pertemuan berlangsung di Kantor CCITL di Jalan El Jose Maria Marquez atau bersebelahan dengan Palacio Dogo Ferno. Pertemuan ini menjadi yang pertama dan sangat memuaskan kedua pihak.

"Mereka bilang kami senang sekali karena mempertemukan antar kedua pengusaha dari NTT dan Timor Leste," kata ketua umum Kadin NTT Bobby Liyanto, Sabtu 21 Mei 2022 dihubungi dari Kupang.

Dalam pertemuan itu, hadir, Bupati Belu, Agustinus Taolin yang juga membawa beberapa rombongan serta ketua Kadin Belu, dan pengurusnya. Selain itu, tim Kadin NTT yang dipimpin Ketua Umumnya, Bobby Liyanto.

Halaman
123
Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved