Jambu

Cara Membuat Minuman Sehat dari Daun Jambu Biji Bisa Turunkan Kolesterol

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition and Metabolism, konsumsi ekstrak daun jambu biji selama berbulan-bulan

Editor: Hermina Pello
BAKHABERSKISSAN.COM via GRID.ID
Cara Membuat Minuman Sehat dari Daun Jambu Biji Bisa Turunkan Kolesterol 

POS-KUPANG.COM - Buah jambu dan daun jambu biji memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh yakni bisa sebagai obat alami.

Jika buah jambu bisa langsung dimakan maka daun jambu biji harus diolah lebih dulu. 

Air rebusan daun jambu biji bisa digunakan sebagai bahan alami untuk mengatasi berbagai penyakit karena daun jambu biji ternyata kaya akan antioksidan, tanin, dan zat anti-inflamasi serta bakteri. Daun jambu biji ini bisa dimanfaatkan dengan cara direbus dengan air.

Ingat, orangtua kita dulu setiap kali mengetahui anaknya mengalami diare, langsung memberikan air rebusan daun jambu biji. Air rebusan daun jambu biji dimaksudkan untuk menghentikan diare.

Baca juga: Cara Merawat Tumit Yang Pecah-pecah Dengan Lidah Buaya Termasuk Merilekskan Kaki Pegal

Jadi tidak hanya buahnya saja yang bisa dinikmati, air rebusan daun jambu biji dapat digunakan sebagai herbal alami yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, dari obati diare hingga menurunkan kolestrol.

Dikutip dari Boldsky.com, daun jambu biji kaya akan antioksidan dan tanin, juga memiliki sifat anti-inflamasi dan sifat antibakteri. Berikut aneka kegunaan air rebusan air jambu biji;

1. Mengobati diare

Menurut sebuah penelitian, daun jambu biji memiliki sifat antidiare. Jika sedang menderita diare bisa mengonsumsi teh daun jambu biji yang sudah diolah, seperti kapsul ekstrak daun jambu biji.

Baca juga: Masuk Suku Jambu-jambuan, Buah Jamblang Bisa Turunkan Gula Darah, Baik Bagi Penderita Diabetes

2. Memerangi obesitas

Air rebusan daun jambu biji dapat membantu menurunkan berat badan karena menghentikan pati kompleks dari konversi menjadi gula.

Pertambahan berat terjadi ketika gula dimetabolisme oleh hati dan dikonversi menjadi lemak, yang kemudian disekresikan ke dalam darah.

3. Menurunkan kolesterol

Baca juga: Jambu Kristal Mengandung Vitamin C Bisa Cegah Sariawan dan Obati Batuk Pilek

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition and Metabolism, konsumsi ekstrak daun jambu biji selama berbulan-bulan dapat membantu menurunkan kolesterol jahat dan trigliserida.

4. Mengobati penyakit gusi

Halaman
12
Sumber: Grid.ID
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved