Renungan Harian Katolik

Renungan Harian Katolik Minggu 17 April 2022, Kebangkitan Kristus: Pusat dan Kunci Sukacita Iman

Realitas Kebangkitan Kristus mengkonfirmasi apa yang tertulis dalam Kitab Suci, “Mesias harus menderita dan bangkit dari antara orang mati

Editor: Agustinus Sape
FOTO PRIBADI
RD. Dr. Florens Maxi Un Bria 

Renungan Harian Katolik, Minggu Paskah 17 April 2022, Kebangkitan Kristus: Pusat dan Kunci Sukacita Iman (Yoh 20 :1-9)

Oleh: RD. Dr. Maxi Un Bria

SELAMAT PESTA PASKAH.

Kegembiraan, harapan dan sukacita para murid terpusat pada Kebangkitan Kristus. Realitas Kebangkitan Kristus mengkonfirmasi apa yang telah tertulis dalam Kitab Suci bahwasannya “Mesias harus menderita dan bangkit dari antara orang mati pada hari ketiga” ( Lukas 24:46).

Tampaknya tidak semua murid memahami isi Kitab Suci bahwa Yesus harus bangkit, namun bertolak dari fakta yang dijumpai dan dialami para rasul berkaitan dengan kubur kosong mempertegas iman mereka tentang ajaran Kristus bahwa Ia harus bangkit dari antara orang mati.

Kebangkitan Kristus menjadi pusat dan sumber sukacita iman Kristiani. Karena percaya dan gembira terhadap kebangkitan Kristus telah memberanikan para murid untuk memberi kesaksian.

Maria Magdalena dan Maria yang lain, serta para rasul karena percaya dan gembira berani tampil di depan publik untuk memberi kesaksian tentang kebangkitan Kristus. Kebangkitan Kristus merupakan kunci dan dasar menjadi orang beriman Kristiani.

Sebagaimana tertulis, “Maka masuklah juga murid yang lain, yang telah lebih dahulu sampai di kubur itu dan ia melihatnya dan percaya. Sebab selama itu mereka belum mengerti isi Kitab Suci yang mengatakan bahwa Ia harus bangkit dari antara orang mati.” ( Yohanes 20 : 8-9).

Kebangkitan Kristus membuka harapan baru bagi para murid dan orang beriman akan hidup yang kekal. Dengan demikian terbangun orientasi hidup dan pemahaman baru bahwa kematian insani bukanlah akhir dari ziarah kehidupan dan segalanya.

Sebab kebangkitan Kristus yang telah mengalahkan maut, menjadi jaminan iman bagi kepenuhan hidup yang kekal.

Mengimani kebangkitan Kristus menginspirasi dan memotivasi segenap umat beriman untuk bangkit bersaksi dan melakukan tindakan-tindakan iman sebagai anak-anak Allah, yang telah menerima penebusan dan pengampunan atas dosa, yang mengalami pemulihan atas segala kerapuhan dan memiliki hidup dan spirit baru .

Pertanyaannya apa yang mesti kita perbuat sebagai bentuk kesaksian tentang Kristus yang telah bangkit?

Kita dapat belajar dari tindakan komunikatif dan kesaksian iman Maria dari Betania. Beberapa waktu sebelum Yesus menderita dan wafat, Ia telah memberikan minyak narwastu termahal bagi Yesus.

Ia membasuh kaki Yesus dengan minyak wangi sebagai pernyataan syukur dan kasihnya yang mendalam kepada Yesus.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved