Unwira Kupang

Sambut Paskah 2022, Mahasiswa Unwira Kupang dan Umat KUB Sta. Clara Koor Bersama

dari situ diputuskan bahwa para mahasiswa Unwira tersebut akan membantu proses latihan bernyanyi

Penulis: Ray Rebon | Editor: Edi Hayong
POS-KUPANG.COM/RAY REBON
POSE BERSAMA - Dosen pembimbing mahasiswa Program Studi (Prodi) Pendidikan Musik Universitas Widya Mandira (Unwira) Kupang, Agustinus Reno Elu bersama keempat mahasiswa dan umat di KUB Sta. Clara pose bersama, Jumat 1 April 2022 malam 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ray Rebon

POS-KUPANG.COM, KUPANG - Sejumlah mahasiswa dari Program Studi (Prodi) Pendidikan Musik Universitas Widya Mandira (Unwira) Kupang kreatif turut berpartisipasi membantu umat dalam bernyanyi. Dalam gereja Katolik, bernyanyi adalah bagian integral sekaligus sesuatu yang tidak bisa terpisahkan dari Ibadah. 

Ada pepata Latin yang berbunyi "Qui Bene Cantat Bis Orat" artinya: siapa yang bernyanyi dengan baik, sama dengan dia berdoa dua kali. 

Bernyanyi adalah ungkapan doa yang nilainya dua kali lebih besar dari doa yang didaraskan. Karena itu lagu-lagu yang digunakan untuk memuji dan memuliakan Tuhan seyogyanya dinyanyikan dengan baik sesuai dengan nada-nada yang sudah ditetapkan oleh pengarangnya. 

Baca juga: Bupati Lembata Silahturahmi ke Kantor Pos Kupang

Menyadari kelemahan umat dalam bernyanyi, Tim mahasiswa Program Studi Pendidikan Musik Universitas Katolik Widya Mandira (Unwira) yang diketuai, Yohanis Lado bersama rekan-rekannya seperti, Kristoforus Bai, Anna Maria R. Manbait dan Helena Sukalia Ulu berinisitif untuk membantu umat mengatasi persoalan tersebut.

Proses latihan ini telah berlangsung pada 20 Maret 2022 hingga saat ini dengan tujuan menyongsong hari raya Paskah tahun 2022 ini. Dimana, tim terlebih dahulu turun lapangan untuk bertemu dengan pengurus Keluarga Umat Basis (KUB) Sta. Clara, Stasi St. Markus Kaniti, Paroki St. Yoseph Pekerja Penfui.

Mereka mendiskusikan tentang seperti apa bantuan tersebut. Dari situ diputuskan bahwa para mahasiswa Unwira tersebut akan membantu proses latihan bernyanyi di KUB Sta. Clara pada malam Kamis Putih di hari raya Paskah nanti.

Baca juga: Warga Desa Pathau Kabupaten Kupang Mulai Kesulitan Air Bersih

Dosen pembimbing, Agustinus Reno Elu kepada Pos-Kupang.Com menyampaikan tujuan mahasiswanya diutus untuk membantu umat dalam bernyanyi yang baik merupakan sebuah tugas yang diberikan kepada mereka.

Menurut Agustinus mahasiswa yang terbagi dalam beberapa kelompok ini diutus untuk membantu umat dalam bernyanyi, bukan saja di KUB Sta. Clara, Paroki Penfui, melainkan di beberapa Paroki di Keuskupan Agung Kupang.

Dijelaskan Agustinus,  kegiatan ini sangat membantu mahasiswanya, karena kegiatan ini merupakan pengalaman dalam tahapan pembelajaran dilapangan, sekaligus menyalurkan pengalaman dan pengetahuan mereka langsung kepada umat dalam bernyanyi.

Baca juga: Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan Bagi Anggota WKRI NTT

"Saya memberikan tugas kepada mereka untuk bagaimana melatih umat di KUB yang sebagian umat sudah bisa dan lainnya belum tahu cara bernyanyi yang baik", katanya

Disampaikan Agustinus tugas ini merupakan Mata Kuliah Direksi/dirigen, dimana mereka harus menjadi seorang pelatih untuk melatih umat.

"Saya harap bapak dan mama dapat membantu dan menerima situasi dari anak-anak, karena mereka dalam proses belajar", ungkapnya.

Baca juga: Layanan di BKD NTT Gratis, Henderina Tindak Tegas Oknum ASN Lakukan Pungli

Ketua KUB Sta. Clara, Yan Ampolo mengatakan pihaknya sangat mengapresiasi bantuan dari mahasiswa-mahasiswa Sendratasik Unwira Kupang yang telah membantu pihaknya dalam bernyanyi.

Ia pun meminta kepada tim mahasiswa yang membantu umatnya bernyanyi supaya selalu tekun belajar agar kedepan dapat menjadi pelatih yang handal guna membantu umat. (*)

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved