Berita Nasional

Tak Melarang Mudik, Presiden Jokowi Bolehkan Sholat Tarawih Berjamaah di Masjid, Asalkan Patuhi Ini

Setelah mencermati situasi pandemi di Tanah Air, kini Presiden Jokowi mengeluarkan kebijakan terbaru. Kebijakan terbaru itu terurai lengkap di sini.

Editor: Frans Krowin
Youtube Sekretariat Presiden
Presiden Jokowi menerbitkan kebijakan baru yang membolehkan mudik dan tarawih berjamaah di masjid. Hal ini terkait membaiknya tren covid-19 di Tanah Air saat ini. 

POS-KUPANG.COM - Setelah mencermati situasi pandemi di Tanah Air, kini Presiden Jokowi mengeluarkan kebijakan terbaru.

Kebijakan baru Presiden Jokowi itu, adalah memberikan kelonggaran untuk menyambut ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1443 H.

Kebijakan berikutnya, adalah pemerintah tidak melarang mudik sebagaimana dilakukan saat lebaran tahun lalu dan tahun sebelumnya.

"Tahun ini umat muslim boleh kembali menjalankan ibadah shalat tarawih berjemaah di masjid dengan tetap menerapkan protokol kesehatan."

Demikian Presiden Jokowi dalam keterangan video yang diunggah pada kanal YouTube Sekretariat Presiden, Rabu 23 Maret 2022.

Meski begitu, Presiden Jokowi kembali mengingatkan syarat lain, yakni masyarakat sudah divaksin Covid-19 dosis pertama, dosis kedua dan mendapatkan vaksin booster.

"Syaratnya, adalah sudah mendapatkan dua kali vaksin dan satu kali booster serta tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat," lanjutnya.

Walau sudah mengumumkan kebijakan baru tersebut, tetapi Presiden Jokowi masih melarang pelaksanaan buka bersama dan open house.

Baca juga: Presiden Jokowi Tunda Peresmian Gedung Politeknik Negeri Kupang, Ini Penjelasan Direktur Poltek

Menurut Presiden Jokowi, larangan buka bersama dan open house itu ditujukan pada pejabat dan pegawai pemerintah.

"Untuk pejabat dan pegawai pemerintah, kita masih melarang untuk melakukan buka puasa bersama dan open house," tegas Jokowi.

Dikatakannya, tren covid-19 yang semakin membaik saat ini harus terus dipertahankan.

Untuk itu masyarakat harus selalu mengedepankan protokol kesehatan (prokes).

"Saya minta kita semua tetap menjalankan protokol kesehatan. Disiplin menggunakan masker, rajin mencuci tangan, dan menjaga jarak. Terima kasih," tambah Jokowi.

Terkait kebijakan terbaru Presiden Jokowi tersebut, Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin angkat bicara.

Ilustrasi suasana sholat tarawih berjamaah di Masjid Agung Sunan Ampel Surabaya, Jawa Timur.
Ilustrasi suasana sholat tarawih berjamaah di Masjid Agung Sunan Ampel Surabaya, Jawa Timur. (surabaya.tribunnews.com/sugiharto)
Halaman
12
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved