Berita Pemprov NTT

BMKG Keluakan Peringatan Dini Gelombang Tinggi di NTT

Kecepatan angin tinggi terpantau di perairan Banten, perairan Kupang, selat Makassar, Laut Sulawesi, perairan Kep. Sanghie hingga Kep. Talaud.

Editor: Rosalina Woso
POS-KUPANG.COM/IRFAN HOI
Tampak gelombang tinggi yang terjadi di perairan Kota Kupang. Gambar diabadikan pada April 2021 lalu. 

Laporan Kontributor POS-KUPANG.COM, Irfan Hoi

POS-KUPANG.COM, KUPANG - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini mengenai gelombang tinggi di wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT). Informasi itu berlaku pada tanggal 2-3 Februari 2022.

Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Tenau-Kupang BMKG Syaeful Hadi di Kupang, Selasa 1 Februari 2022 mengatakan, tinggi gelombang diperkirakan 1,25-2,5 meter selama dua hari kedepan.

Adapun wilayah yang berpotensi terjadi gelombang tinggi yakni perairan Utara Flores, Selat Sape bagian Selatan, selat Sumba, selat Flores-Lamakera, selat Alor-Pantar, selat Ombai, perairan Utara Kupang-Rote dan selat Wetar.

Baca juga: Pemprov NTT Minta Hentikan Polemik Pelantikan Wabup Ende Erik Rede

Sementara prakiraan tinggi gelombang 2,5 - 4,0 meter akan terjadi pada Laut Sawu bagian Selatan, samudera Hindia Selatan Sumba-Sabu, perairan Selatan Kupang - Rote, samudera Hindia Selatan Kupang -Rote.

Dijelaskan juga, pola angin di wilayah Indonesia bagian Utara dominan bergerak ke Utara - Timur Laut dengan kecepatan angin berkisar 5 - 25 Knot.

Sedangkan di wilayah Indonesia Selatan dominan bergerak dari Barat - Utara dengan kecepatan angin berkisar 8 - 25 Knot.

Baca juga: BPK Ingatkan Pemprov  NTT Segera Susun Laporan Keuangan

Kecepatan angin tinggi terpantau di perairan Banten, perairan Kupang, selat Makassar, Laut Sulawesi, perairan Kep. Sanghie hingga Kep. Talaud.

Untuk itu, diimbau resiko dalam keselamatan dalam pelayaran untuk terus memantau kondisi cuaca. Masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir area yang peluang terjadi gelombang tinggi untuk terus waspada. (*)

Berita Kota Kupang Terkini

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved