Berita Sumba Timur

KSP Kopdit Swasti Sari Sentuh Ratusan Warga Pedalaman Sumtim dengan Pemeriksaan Kesehatan Gratis 

Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Kopdit Swasti Sari menyongsong hari jadi  (HUT) ke 34 dengan menguat-kukuhkan komitmen sosial dan

Penulis: Ryan Nong | Editor: Ferry Ndoen
POS-KUPANG.COM/RYAN NONG
GM KSP Kopdit Swasti Sari Yohanes Sason Helan menghadiri acara pengobatan dan pemeriksaan darah gratis di Desa Tamma Kecamatan Pahunga Lodu Kabupaten Sumba Timur, Sabtu 29 Januari 2022. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ryan Nong

POS-KUPANG.COM, Waingapu -  Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Kopdit Swasti Sari menyongsong hari jadi  (HUT) ke 34 dengan menguat-kukuhkan komitmen sosial dan kemanusiaannya. 

Pengukuhan itu tidak hanya dilakukan di kota kupang sebagai basis dan lokasi kantor utama, tapi juga dilaksanakan hingga ke wilayah pedalaman. 

Bersamaan dengan pelaksanaan Donor Darah di KSP Kopdit Swasti Sari Cabang Kupang, KSP Kopdit Swasti Sari Cabang Waingapu juga menggelar pengobatan dan pemeriksaan darah gratis di Desa Tamma Kecamatan Pahunga Lodu yang merupakan wilayah kerja KSP Kopdit Swasti Sari kantor Kas Mangili, Sumba Timur, Sabtu 29 Januari 2022.

Pelaksanaan pengobatan dia pemeriksaan darah gratis yang melibatkan tim medis Puskesmas Mangili itu bahkan dihadiri secara langsung oleh GM KSP Kopdit Swasti Sari, Yohanes Sason Helan. 

Baca juga: Kopdit Swasti Sari Kupang Kumpulkan 86 Kantong Darah

Kepada POS-KUPANG.COM, Yohanes Sason Helan menyebut kegiatan sosial bagi warga itu dilaksanakan sesuatu rekomendasi pihak Dinas Kesehatan Kabupaten Sumba Timur. 

Pria yang akrab disapa John Helan itu menyebut lebih dari 200 warga, terdiri dari anggota KSP Kopdit Swasti Sari maupun masyarakat umum hadir untuk mengikuti pengobatan dan pemeriksaan tersebut. 

KSP Kopdit Swasti Sari, jelas John Helan tidak hanya merangkul masyarakat untuk bergabung menjadi anggota tetapi lebih utama adalah menghidupkan nilai sosial dan rasa kemanusian yang merupakan kristalisasi visi dan misi Kopdit Swasti Sari.  

"Kita bukan hanya membeli dan menjual uang, tetapi membantu pemerintah mengurangi penderitaan yang dirasakan atau dialami masyarakat kita. Kopdit Swasti Sari tidak hanya bergaya di kota tetapi kepeduliannya sampai ke pelosok-pelosok  walaupun infrastruktur yang sangat-sangat berat dan harus dihadapi di lapangan," ujar John Helan. 

Baca juga: Swasti Sari Raih Sertifikat sebagai Koperasi Sehat dari Kementerian Koperasi dan UMKM

Pria yang terpilih kembali menahkodai KSP Kopdit swasti Sari pada Januari 2021 itu mengapresiasi respon yang sangat luar biasa dari masyarakat di wilayah kerja KSP Kopdit Swasti Sari Kantor Kas Mangili. 

"Yang kami undang hanya 150 orang, tetapi yang datang mencapai 300-an orang. Ini menunjukkan respon timbal balik yang sangat luar biasa. Kami sampaikan juga terima kasih kepada ibu kepala desa sebagai tokoh masyarakat di desa Tamma," tegas dia. 

Harapan Besar di Usia 34 Tahun

John Helan juga mengurai, rangkaian kegiatan peringatan HUT 34 KSP Kopdit swasti Sari itu juga akan dilaksanakan dengan Ibadah Oikumene oleh para pastor, pendeta dan kyai atau ustadz pada Selasa 1 Februari 2022 mendatang. Kegiatan tersebut juga akan dirangkai dengan pemberian penghargaan cinderamata/dan piagam kepada 5 orang pendiri KSP Kopdit Swasti Sari Cabang. 

Kegiatan tersebut rencananya akan dihadiri 300 orang terdiri dari anggota,  penasihat,  pengurus,  pengawas,  manajemen,  mitra, Puskopdit Bekatigade Timor dan relasi GKKI yang ada di Kota Kupang.

"Kami punya harapan besar di tahun 2022 yakni memenangi RK dan RA tahun 2022 yang sudah digodok. Untuk seluruh kantor yakni 28 kantor cabang dan 76 kantor kas kami menargetkan anggaran harus Rp 200 ribu lebih dengan aset Rp 1.2 triliun. Selain itu ada ekspansi 2 cabang baru yakni di Samarinda dan Batam,  serta menambah 75 orang karyawan baru dan 13 kantor kas," urainya. 

Hingga kini, koperasi yang menjadi salah satu koperasi primer nasional itu telah memiliki 23 kantor Cabang d NTT dan  5 cabang di luar NTT yakni Denpasar,  Jimbaran Nusa Dua Bali, Tabanan Bali, Mataram NTB dan Surabaya Jawa Timur. Jumlah anggota pun mencapai 150 ribuan dengan aset hingga Rp 1 triliunan serta karyawan/tenaga kerja Plester mencapai 500 orang. (hh) 

Berita Sumba Timur lainnya:

Seorang warga mencuci tangan sebelum masuk ke lokasi pengobatan dan pemeriksaan gratis dalam rangka HUT-34 KSP Kopdit Swasti Sari di Desa Tamma Kecamatan Pahunga Lodu Kabupaten Sumba Timur, Sabtu 29 Januari 2022.
Seorang warga mencuci tangan sebelum masuk ke lokasi pengobatan dan pemeriksaan gratis dalam rangka HUT-34 KSP Kopdit Swasti Sari di Desa Tamma Kecamatan Pahunga Lodu Kabupaten Sumba Timur, Sabtu 29 Januari 2022. (POS-KUPANG.COM/RYAN NONG)
Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved