Breaking News:

Berita seputar NTT

Masih Dibayangi Covid-19, Keuskupan Ruteng Instruksi Pembatasan Pelayanan Pastoral Saat Nataru

Keuskupan Ruteng mengeluarkan Instruksi Pastoral Keuskupan Ruteng No 414/II.1.2/XI/2021 tentang Pembatasan Pelayanan Pastoral masa Adven dan Nataru.

Penulis: Apolonia M Dhiu | Editor: Apolonia Matilde
POS-KUPANG.COM/ISTIMEWA
Keuskupan Ruteng keluarkan isntruksi untuk Nataru 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Apolonia Matilde Dhiu

POS-KUPANG.COM - Keuskupan Ruteng mengeluarkan Instruksi Pastoral Keuskupan Ruteng No 414/II.1.2/XI/2021 tentang Pembatasan Pelayanan Pastoral masa Adven dan Natal Tahun 2021.

Berdasarkan surat Instruksi dimana salinanya diterima POS-KUPANG.COM, Kamis 25 Novemver 2021, Vikjen Keuskupan Ruteng RD Alfons Segar, mengatakan, para imam, biarawan/wati, dan seluruh umat Allah Keuskupan Ruteng yang terkasih! Salam 'Omnia in Caritate' Lakukan segala pekerjaanmu dalam kasih"  (1Kor 16:14). 

"Kristus Raja Semesta Alam, yang pestanya kita rayakan Minggu kemarin, selalu menjadi kekuatan dan andalan kita. Dalam kepercayaan akan Dia, kita tetap bersatu hati dalam menjalankan tugas-tugas misioner kita baik dalam bidang liturgi, pewartaan, persekutuan, dan pelayanan kasih,"ungkap RD Alfons.

"Sebentar lagi kita akan memasuki masa Adven dan Natal. Kita perlu mempersiapkan diri dengan baik agar boleh mengalami kelahiran baru bersama Emanuel, Allah beserta kita, yang akan lahir ke tengah kita,"tambahnya.

Dikatakan, RD Alfons, masa Adven dan Natal tahun ini masih dibayang-bayangi oleh pandemi Covid-19. Karena itu kita tetap waspada dan berkomitmen mencegah terjadinya gelombang ke-3 penyebaran Covid-19 di Indonesia.

Karena itu mengacu pada Instruksi Mendagri No 62 tahun 2021, yang diterbitkan tanggal 22 November 2021, maka pelayanan masa Adven dan Natal tahun ini dibatasi.

Baca juga: Tetap Taati Prokes, SMA Negeri 2 Nubatukan Rayakan Hari Guru Nasional

Adapun pembatasan-pembatasan itu, jelas RD Alfons, perayaan Misa Harian dan Hari Minggu dilaksanakan dengan protokol ketat sebagaimana instruksi sebelumnya. Pelayanan misa-misa khusus dilaksanakan dengan protokol ketat dan selalu dalam koordinasi dengan gugus tugas Covid setempat.

Pelayanan Sakramen Pengakuan dilakukan dengan menggunakan ritus absolusi umum dan sebaiknya disatukan dengan rekoleksi menyongsong Natal. Kunjungan misa ke KBG untuk persiapan natal tidak diizinkan mengingat sangat sulit menegakkan protokol kesehatan di KBG, namun bila paroki dapat memastikan protokolnya dan mendapat persetujuan dari gugus tugas covid setempat maka kunjungan dimaksud dapat dilaksanakan. Terkait hal ini pastor paroki wajib berkoordinasi dengan vikep masing-masing.

Perayaan Malam Natal, Natal, Tutup Tahun dan Tahun Baru dilaksanakan dengan protokol kesehatan ketat dimana

Halaman
12
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved