Berita Belu

Di Wilayah Kabupaten Belu Tercatat 30 Kasus Demam Berdarah Dengue, Ini Penjelasan Plt Kadinkes

Sesuai data Dinas Kesehatan Kabupaten Belu, jumlah kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) terhitung Januari-November 2021 sebanyak 30 kasus.

Penulis: Teni Jenahas | Editor: Ferry Ndoen
POS KUPANG. COM/TENI JENAHAS
PLT---Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Belu, Siprianus Mali 

Laporan Reporter POS KUPANG. COM, Teni Jenahas

POS KUPANG. COM| ATAMBUA---Sesuai data Dinas Kesehatan Kabupaten Belu, jumlah kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) terhitung Januari-November 2021 sebanyak 30 kasus.

Dari jumlah tersebut, pasien DBD berhasil disembuhkan sehingga tidak ada kasus meninggal dunia. 

Demikian disampaikan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Belu, Siprianus Mali saat dikonfirmasi Pos Kupang. Com, Selasa 23 November 2021.

Menurut Sipri, data akumulatif sejak Januari sampai dengan November 2021 tercatat 30 kasus DBD. Terakhir, satu kasus DBD terjadi di September 2021. 

Baca juga: Pengungsi Afghanistan di Kota Kupang Kembali Gelar Aksi Ini Tuntutannya Kepada UNCHR

Kata Sipri, dalam rangka menekan kasus DBD, Sekda Belu sudah mengeluarkan surat kepada para camat agar menghimbau masyarakat untuk memperhatikan kebersihan lingkungan di wilayah masing-masing. 

Sedangkan upaya preventif yang dilakukan Dinkes antara lain, membagikan abate, menghimbau masyarakat lewat media promosi dinas dan calling keliling agar masyarakat selalu waspada terhadap DBD dengan cara menjaga kebersihan lingkungan dan menerapkan strategi tiga M. 

Kemudian, menghimbau masyarakat ketika ada anggota keluarga yang bergejala sakit segera berobat ke fasilitas kesehatan terdekat seperti puskesmas. 

"Kita himbau supaya kalau ada anggota keluarga yang gejala sakit segera berobat ke puskesmas supaya ada penanganan lebih lanjut. Jangan diam di rumah saja. Jangan tunggu sakit sudah parah baru bawa ke puskesmas karena kalau terlambat penanganan bisa meninggal", kata Sipri mengingatkan. (jen). 

Berita Belu Lainnya :

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved