Breaking News:

Berita Rote Ndao

Bantu Peternak Hasilkan Pakan Berkualitas, Disnak Rote Ndao Budidaya Rumput Odot

Bantu Peternak Hasilkan Pakan Berkualitas, Disnak Rote Ndao Budidaya Rumput Odot

Penulis: Ray Rebon | Editor: Kanis Jehola
POS-KUPANG.COM/RAY REBON
Kadis Peternakan Rote Ndao, Hermanus Haning saat ditemui diruang kerjanya. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ray Rebon

POS-KUPANG.COM, ROTE NDAO - Pemerintah Daerah Kabupaten Rote Ndao ( Pemda Rote Ndao), terus berupaya mengembangkan sektor-sektor potensial di daerahnya.

Hal Ini dilakukan sebagai wujud keberpihakan kepada warganya, demi mewujudkan kesejahteraan, dengan mengoptimalkan sumber daya alam yang dimiliki. Dengan tidak mengkesampingkan sektor lainnya, sektor pertanian saat ini menjadi perhatian serius.

Lahan-lahan kering pada sektor ini (pertanian) gencar dioptimalkan pemerintah setempat guna mendukung sektor peternakan.

Kepala Dinas Peternakan Rote Ndao, Hermanus Haning Kepada POS-KUPANG.COM, Rabu 24 November 2021 diruang kerjanya mengatakan bahwa pihaknya telah melaksanakan program pengembangan budidaya rumput 'Odot' guna membantu peternak dalam pakan berkualitas di musim kemarau.

Kadis Herman menyampaikan, peternak di Rote Ndao banyak mengalami kesulitan untuk memperoleh tambahan nutrisi atau pakan hijau makanan yang berkualitas. Maka pihaknya mengatasi masalah tersebut dengan membudidaya rumput odot.

Selain itu, tujuan dibudidayakan rumput odot ini untuk menjaminkan ketersediaan pakan ternak di Kabupaten Rote Ndao di musim kemarau. Yang diharapkan dapat mendukung sektor peternakan, yang merupakan salah satu sektor pontensial di Rote Ndao.

"Kalau NTT, punya program Tanam Jagung Panen Sapi (TJPS), di Rote Ndao, tanam rumput odot pasti panen sapi," kata Kadis Herman

Menurut dia, saat ini hasil daging dari peternak Sapi diperkirakan mencapai 200-250 per kg. Untuk menembus berat daging maksimal 300-350 kg atau masih dibawa standar nasional.

Sehingga kata dia, dengan tersedianya pakan rumput odot ini diharapkan dapat menopang atau membantu memenuhi ketersediaan pakan. Supaya produktivitas ternak-ternak di Rote Ndao dapat ditingkatkan kualitasnya.

Halaman
123
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved