Berita Manggarai Timur

Operasi Zebra Ranakah 2021, Satlantas Polres Matim Temukan Puluhan Pelanggaran Lalin dan Prokes

Operasi Zebra Ranakah 2021, Satlantas Polres Matim Temukan Puluhan Pelanggaran Lalin dan Prokes

Penulis: Robert Ropo | Editor: Kanis Jehola
POS-KUPANG.COM/ROBERT ROPO
Anggota Satlantas Polres Manggarai Timur sedang melakukan operasi Zebra Ranakah 2021. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Robert Ropo

POS-KUPANG.COM, BORONG - Pihak Satlantas Polres Manggarai Timur, Polda NTT melaksanakan Operasi Zebra Ranakah 2021. Operasi ini berlangsung dari tanggal 15-28 November 2021.

Pantauan POS-KUPANG.COM, Rabu 17 November 2021, anggota Satlantas Polres Manggarai Timur yang dipimpin langsung oleh Kasat Lantas Polres Manggarai Timur, IPTU I Gusti Putu Saba Nugraha bersama KBO Lantas Polres Matim, Ipda Aris Ahmad.

Kegiatan operasi yang berlangsung pada hari ini dengan lokasi di Jalan Negara Ruteng-Borong tepatnya di perempatan jalan Lampu Merah sampai pertigaan jalan masuk pasar Borong.

Dalam operasi itu setiap kendaraan baik roda dua maupun roda empat dan enam ditahan. Selain menanyakan kelengkapan surat-surat kendaraan, juga bagi pengendara, penumpang atau masyarakat umum yang tidak mengenakan masker dibagikan masker secara gratis oleh petugas.

Pengendara juga dihimbau untuk tetap memakai masker, melengkapi surat-surat dan juga menaati ketertiban dalam berlalu lintas. Dan bagi penumpang atau masyarakat umum diimbau untuk tetap memakai masker dan menaati Protokol Kesehatan untuk pencegahan Covid-19.

Baca juga: Polres Manggarai Timur Ajukan Bangun Polsubsektor di Lamba Leda Selatan dan Rana Mese

Kapolres Manggarai Timur, AKBP Nugroho Arie Siswanto, SH melalui Kasat Lantas Polres Manggarai Timur, Iptu I Gusti Putu Saba Nugraha kepada POS-KUPANG.COM, Rabu 17 November 2021, menjelaskan, operrasi Zebra Ranakah ini merupakan operasi kewilayahan yang dilaksanakan secara serentak di seluruh polres pada jajaran Polda NTT.

Tema Operasi Zebra Ranakah -2021
'Melalui Operasi Zebra - 2021 kita tingkatkan disiplin protokol kesehatan & tertib berlalu lintas dalam rangka mencegah penyebaran serta mewujudkan Kamseltibcarlantas yang mantap menjelang Natal 2021 & Tahun Baru 2022'.

Nugraha didampingi KBO Lantas Polres Matim, Ipda Aris Ahmad, menjelaskan tujuan dari operasi ini untuk meningkatkan disiplin Prokes untuk mencegah penularan Covid-19 yang saat ini masih terjadi pandemi. Selain itu, menciptakan Kamseltibcar lantas yang mantap dan kondusif menjelang natal 2021 dan tahun baru 2022.

Nugraha juga menjelaskan, terkait Prokes ini pihaknya dalam operasi jika menemukan ada kerumunan maka diimbau untuk menjaga jarak dan bagi warga yang tidak memakai masker diminta untuk memakai masker dengan dibagikan secara gratis.

Sedangkan terkait keterlibatan berlalu lintas, jelas Nugraha, pihaknya mengimbau untuk melengkapi perlengkapan kendaraan dan dokumen kendaraan serta membayar pajak bagi yang memiliki tunggakan untuk kemudian bisa melanjutkan perjalanan. Namun jika yang sama sekali tidak bisa menunjukan dokumenya maka ditahan dan selanjutnya akan ditindak sesuai aturan yang berlaku.

"Dalam operasi ini kita lebih mengedepankan langkah-langkah persuatif dengan harapan kita bisa memberikan kesadaran kepada masyarakat untuk patuh dalam berlalulintas guna menciptakan Kamseltibcarlantas yang mantap menjelang Natal 2021 & Tahun Baru 2022',"jelasnya.

Nugraha juga menjelaskan dalam operasi yang berlangsung selama 2 hari sebelumnya ditemukan sekitar 70 lebih pelanggaran.

Adapun dominan pelanggaran itu seperti tidak menggunakan helm dan melanggar rambu-rambu lalulintas. Sedangkan terkait Prokes ditemukan banyak yang tidak menggunakan masker.

Karena itu Nugraha juga mengimbau kepada pengendara agar tertib dalam berlalulintas dan juga kepada masyarakat untuk tetap mematuhi Protokol Kesehatan untuk Pencegahan Covid-19. (*)

Baca Berita Manggarai Timur Lainnya

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved