Breaking News:

Berita NTT

Rastra Sewa Kotama Jadi Simbol Pelayanan Polri Pada Masyarakat

Kapolda NTT,Irjen Pol Drs Lotharia Latif, SH M.Hum mengingatkan kepada seluruh anggota Polri di Polda NTT

Penulis: Ray Rebon | Editor: Kanis Jehola
POS-KUPANG.COM/RAY REBON
Kapolda NTT memimpin apel di Polsek Kelapa Lima 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ray Rebon

POS-KUPANG.COM, KUPANG - Kapolda NTT,Irjen Pol Drs Lotharia Latif, SH M.Hum mengingatkan kepada seluruh anggota Polri di Polda NTT dan Polres jajaran soal pengabdian yang dilakukan bagi masyarakat.

"Rastra Sewa Kotama yang dipedomani dalam Tribrata dan Catur Prasetya harus dilaksanakan, Rasta Sewa Kotama berarti menjadi abdi utama bagi nusa dan bangsa. Abdi kan diri anda pada masyarakat," ujar Kapolda NTT kepada anggota Polri di Polsek Kelapa Lima, Kamis 21 Oktober 2021 pagi.

Kapolda minta apabila ada masyarakat yang tidak paham maka tugas anggota memberikan pemahaman. 

"Jika ada (masyarakat) yang tidak mengerti maka beri pengertian karena kita memiliki strategi dalam mencegah kejahatan," ujar Kapolda NTT.

Baca juga: Kapolda NTT Bersama Forkompimda Ikut Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Secara Virtual

Kapolda mengingatkan soal pendekatan Preemtif, preventif dan penegakan hukum yang dilaksanakan Polri. 

Preemtif dengan melakukan pencegahan kejahatan yakni semua anggota Polri mencegah niat dan kesempatan yang berujung pada kejahatan.

Sementara preventif dengan melakukan patroli, sambang dan dialog dengan tokoh agama dan tokoh masyarakat agar bisa mencegah kejahatan. 

"Tugas polisi adalah  melayani masyarakat dan polisi harus siap setiap waktu karena anda menjadi polisi karena memilih bukan karena paksaan," tegas Kapolda NTT.

Dia juga menyampaikan bahwa Polri pun harus membuat strategi preventif kepada warga masyarakat agar warga masyarakat yang belum tahu terkait aturan dapat ditaati sebaliknya masyarakat yang paham terkait aturan dapat dipertahankan demi kenyamanan bersama.

Halaman
123
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved