Breaking News:

Berita Kota Kupang

Pembangunan Kawasan Oesapa Kota Kupang, Bakal Jadi Obyek Wisata Terbaik

Pembangunan Kawasan Oesapa di Wilayah Kota Kupang, Bakal Jadi Obyek Wisata Terbaik

Editor: Kanis Jehola
POS-KUPANG.COM/ISTIMEWA
Capture desain pembangunan kawasan pantai Oesapa. 

Laporan reporter POS-KUPANG.COM, Irfan Hoi

POS-KUPANG.COM, KUPANG- Pantai di kawasan Oesapa, akan dilakukan penataan dan pembangunan sektor pariwisata dan pergerakan ekonomi sekaligus menjadi obyek wisata terbaik di Kota Kupang.

Terdapat empat segem yang akan dilakukan pembangunan kawasan ini dengan total luas lahan 43,79 hektar.

Luas lahan ini dirincikan, segmen 1 pantai Paradiso, seluas 33,88 hektar, segmen 2 Muara 43,79 hektar, segmen 3 Ponduri 39,74 hektar, dan segmen 4 pasar Oesapa seluas 27,04 hektar.

Sementara yang sedang dibangun saat ini adalah segmen 2 dan 3. Rujukan pembangunan sesuai dengan RTRW dan RDTR Kota Kupang. Serta pembangunan itu perwujudan dari water front city. Berbagai fasilitas yang dibangun disebut akan menarik pengunjung datang ke obyek wisata sehingga bisa meningkatkan taraf hidup masyarakat setempat.

Baca juga: Ekowisata Mangrove di Oesapa Barat, Butuh Dukungan APBD  Kota Kupang

Pembangunan dengan mengusung prinsip pengurangan kumuh, infra for all, pemberdayaan ekonomi masyarakat, kelestarian lingkungan dan kearifan lokal.

Berikut adalah rencana penataan kawasan ekowisata mangrove Oesapa Barat yang salinannya diperoleh POS-KUPANG.COM, Senin 4 Oktober 2021.

1. Cottage

Penataan bagian sisi kiri segmen 2, hutan mangrove eksisting dioptimalkan dengan reboisasi dan penataan yang mengakomodir pembangunan cottage. Dengan begitu, tercipta kesan "Mangrove Rumahku" dan wisatawan yang menginap akan menikmati indahnya pemandangan matahari terbit dan terbenam serta kicauan burung diantara rimbunan pohon mangrove.

Cottage berupa rumah panggung diatas air (Langgam Rote) yang dilengkapi fasilitas hiburan dan restoran lopo berkarakter parametik menjadi pelengkap sensasi aristektur vernakulae NTT.

Halaman
1234
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved