Breaking News:

Berita Kota Kupang

Kisah Anak-anak SDI Kotabes Belajar Menghindari Kekerasan, Save the Children Fasilitasi Forum Anak

forum anak telah melakukan kegiatan kampanye di masing-masing sekolah yang melibatkan seluruh  warga sekolah

Penulis: Paul Burin | Editor: Rosalina Woso
POS KUPANG.COM/ISTIMEWA
Seorang guru pendamping  membacakan cerita kepada anggota forum anak. Cerita ini berkaitan dengan upaya-upaya anak menghindari kekerasan. 

POS KUPANG.COM, KUPANG--Di sebuah ruangan kelas, 10 orang anak, perwakilan kelas 4-6 SDI Kotabes, menyanyikan lagu ‘Sepuluh Hak Anak’ dengan gembira, difasilitasi oleh seorang guru pendamping dan perwakilan staf Save the Children.

Mereka bernyanyi, bermain kuis dan belajar tentang bagaimana menyuarakan pikiran dan pendapat mereka, termasuk terkait dengan hak mereka soal pendidikan dan perlindungan di sekolah.

Anak-anak ini adalah anggota forum anak SDI Kotabes. Mereka adalah anggota baru, hasil regenerasi yang difasilitasi oleh Save the Children.

Proses yang sama juga berlaku dan terjadi di 55 sekolah dasar lainnya di tujuh kecamatan di Kabupaten Kupang yang menjadi sekolah dampingan Program School for Change, Save the Children.

Baca juga: Obyek Wisata Air Terjun Oenesu Kabupaten Kupang Jadi Lokasi Kunjungan Simulasi Panduan CHSE

Program yang didanai IKEA Foundation ini bekerja sama dengan pemerintah, sekolah dan masyarakat untuk memastikan pemenuhan hak anak terkait pendidikan, secara khusus percepatan literasi dan perlindungan anak.

Salah satu kegiatan yang dilakukan adalah pembentukan forum anak sebagai wadah bagi anak untuk mengembangkan potensinya di berbagai bidang, termasuk keorganisasian.

Mereka belajar untuk berpartisipasi, menyuarakan pendapat terkait hak-haknya, termasuk mengorganisir kampanye penghentian kekerasan terhadap anak di sekolah.

Kegiatan kampanye itu mereka lakukan dengan berbagai cara, misalnya lewat drama, puisi dan penyebaran pesan-pesan anti kekerasan.

Baca juga: Pencuri Sapi di Kabupaten Kupang Segera Diadili 

awal pembentukannya, forum anak telah melakukan kegiatan kampanye di masing-masing sekolah yang melibatkan seluruh  warga sekolah.

Proses regenerasi forum anak ini berlangsung dari tanggal 13 September sampai 18 September 2021.

Karena situasi pandemi dan pembatasan sosial, para guru pendamping di berikan pelatihan untuk memfasilitasi proses ini di sekolah masing-masing.

Halaman
12
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved