Breaking News:

Berita Sumba Barat

Bupati Yohanis Minta Nakes Serius Mengikuti Pelatihan

Bupati Sumba Barat, Yohanis Dade, meminta para tenaga kesehatan serius mengikuti pelatihan bantuan hidup dasar dalam rangka hari jantung sedunia

Penulis: Petrus Piter | Editor: Kanis Jehola
POS-KUPANG.COM/PETRUS PITER
Bupati Sumba Barat, Yohanis Dade, S.H sedang memberikan sambutan ketika membuka kegiatan pelatihan bantuan dasar hidup bagi nakes di aula rumah jabatan bupati Sumba Barat, Jumat 24 September 2021 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM,  Petrus Piter

POS-KUPANG.COM, WAIKABUBAK -  Bupati Sumba Barat, Yohanis Dade, S.H meminta para tenaga kesehatan (nakes) serius mengikuti pelatihan bantuan hidup dasar dalam rangka hari jantung sedunia tahun 2021.

Menurutnya bantuan hidup dasar merupakan  usaha untuk mempertahankan kehidupan saat penderita mengalami keadaan yang mengancam nyawa. Melakukan bantuan ini kita tidak mempergunakan cairan, obat ataupun terapi kejut listrik.

Bantuan  hidup dasar merupakan cara sederhana yang dapat mempertahankan hidup seseorang untuk sementara. Intinya adalah bagaimana menguasai dan membebaskan jalan napas, bagaimana membantu mengalirkan darah ke tempat yang penting dalam tubuh sehingga pasokan oksigen ke otak terjaga untuk mencegah terjadinya kematian sel otak.

Demikian permintaan yang disampaikan Bupati Kabupaten Sumba Barat, Yohanis Dade, S.H dalam sambutannya  ketika secara resmi  membuka kegiatan pelatihan  bantuan hidup dasar dalam rangka hari jantung sedunia tahun 2021di aula rumah jabatan Bupati Sumba Barat, Jumat, 24 September 2021.

Baca juga: Bupati Yohanis Dade Panen Bawang Merah

Dikatakan, dengan  Pelatihan ini diharapkan dapat memberikan pembelajaran secara bertahap untuk meningkatkan kemampuan teknis tenaga pelayan masyarakat baik dokter, perawat, bidan maupun petugas lainnya yang memiliki kewenangan dalam melaksanakan bantuan hidup dasar serta memberikan pengetahuan kepada seluruh lapisan masyarakat tentang bantuan hidup dasar ini.

Untuk itu Bupati Yohanis berharap peserta pelatihan dapat mengikuti pelatihan dengan baik dan serius sehingga segala sesuatu yang dipelajari dapat diaplikasikan secara maksimal pada saat dibutuhkan.

Dalam kesempatan itu, Bupati menghimbau agar kegiatan positif seperti ini harus dapat terus dilaksanakan demi meningkatkan kualitas tenaga kesehatan baik dari sisi kualitas ilmu maupun keterampilan dalam pelayanan kesehatan di Kabupaten Sumba Barat.

Mengakhiri sambutannya,  Bupati Yohanis mengajak  bekerjasama untuk bekerja cerdas dan bekerja nyata dilandasi niat yang tulus demi tercapainya sasaran strategis pemerintah sehingga nilai manfaat hidup dan pengabdian kita dapat dirasakan oleh masyarakat luas di Kabupaten Sumba Barat tercinta ini.

Baca juga: Bupati Yohanis Dade Minta Kadin Berkontribusi Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Sementara Direktur RSUD Waikabubak dr. Ando Saragih dalam sapaannya mengucapkan terima kasih kepada Bupati Sumba Barat yang telah mendukung kegiatan ini dan juga ucapan terima kasih atas kerjasamanya kepada nara sumber dari Persatuan Dokter Spesialis Kardiovaskuler Indonesia (PERKI) Provinsi NTT yakni dr. Leonora Johana Tiluata, SpJP dan dr. Nova Wilujeng, SpJP.

Direktur Ando menyampaikan kegiatan tersebut merupakan kerjasama antara PERKI NTT dan RSUD Waikabubak yang didukung oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Sumba Barat. Hal ini merupakan bagian dari anjuran akreditasi, sehingga harapan kedepannya mendapat nilai akreditasi paripurna.

Selanjutnya dr. I Gede Sumantra, SpJP selaku ketua panitia penyelenggara melaporkan bahwa kegiatan pelatihan bantuan hidup dasar dilaksanakan dalam rangka memperingati hari jantung sedunia tahun 2021.

Selain pelatihan inin ada juga beberapa kegiatan lainnya yang akan dilaksanakan dalam rangka memperingati hari jantung sedunia yaitu senam hidup sehat dan lomba tiktok. Hal ini bertujuan memberikan kesadaran kepada masyarakat Kabupaten Sumba Barat akan pentingnya menjaga kesehatan jantung. (*)

Baca Berita Sumba Barat Lainnya

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved