Breaking News:

Berita Nasional

Vietnam Tak Tahu Diri, Sudah Langgar Tapal Batas Malah Usir Nelayan Indonesia dari Laut Natuna, Lho?

Laut China Selatan dan sekitarnya, seperti Laut Natuna-Indonesia, memang jadi rebutan, termasuk oleh negara-negara tetangga.

Editor: Frans Krowin
Grid.id
Badan Keamanan Laut (Bakamla) berhasil mengamankan kapal ikan berbendera Vietnam yang melakukan pencurian ikan di Laut Natuna Utara, Kepulauan Riau. Gambar diabadikan pada Kamis 29 Oktober 2020 silam. 

POS-KUPANG.COM, JAKARTA – Laut China Selatan dan sekitarnya, seperti Laut Natuna-Indonesia, memang jadi rebutan, termasuk oleh negara-negara tetangga.

Fakta itu terlihat ketika nelayan Indonesia di perairan Natuna diusir oleh kapal berbendera Vietnam yang mencuri ikan di Laut Natuna.

Malah kapal Vietnam itu mengusir lagi nelayan Indonesia yang sedang menangkap ikan di Laut Natuna. Padahal para nelayan itu menangkap ikan di perairan Indonesia.

Kasus pengusiran nelayan Indonesia oleh kapal berbedera Vietnam itu mengundang amarah nelayan Indonesia.

Alhasil, warganet pun menyebutkan bahwa Vietnam tak tahu diri. Sudah langgar batas negara, malah usir lagi nelayan Indonesia.

Dan, kasus kapal ikan Vietnam mengusir nelayan Indonesia itu, pun langsung diangkat oleh Anggota DPR RI, Dave Laksono.

Bahkan Dave Laksono  langsung meminta TNI  segera menyikapinya diantaranya dengan menggelar latihan perang di Laut Natuna.

Baca juga: China Langgar Batas Laut Indonesia di Natuna, Nelayan Kepulauan Riau Jadi Saksi, Respon Indonesia?

Latihan perang di perairan tersebut, kata Dave Laksono, bertujuan memperjelas kedaulatan wilayah NKRI di perairan tersebut.

Laut Natuna adalah tempat pertama kali ditenggelamkannya kapal asing Era Menteri KKP Susi Pudjiastuti.

Sebelumnya beredar video sebuah kapal nelayan tradisional Natuna mendapat intimidasi dari kapal coast guard Vietnam saat mencari ikan di perairan Natuna Utara.

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved