Breaking News:

Berita Flores Timur

Dana Covid-19 Sebesar Rp 52 Juta Mengalir ke Korban Bencana Ile Ape, Sekda Flotim : Salah Input

Dana Covid-19 Sebesar Rp 52 Juta Mengalir ke Korban Bencana Ile Ape, Sekda Flotim : Salah Input

Editor: Kanis Jehola
POS-KUPANG.COM/AMAR OLA KEDA
RAPAT - Suasana rapat gabungan komisi DPRD Flotim dengan agenda penelusuran penggunaan anggaran Covid-19, Jumat 10 September 2021. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Amar Ola Keda

POS-KUPANG.COM, LARANTUKA- Sidang gabungan komisi DPRD Flores Timur (Flotim) dengan agenda penelusuran penggunaan dana Covid-19 tahun 2020 sebesar Rp 14 miliar terus bergulir.

Dalam sidang di balai gelekat yang dihadiri pemerintah beberapa hari lalu, DPRD menemukan dana sejumlah Rp 52 juta yang digunakan untuk membantu korban bencana Ile Ape, Kabupaten Lembata. Hal itu pun menuai pertanyaan dari beberapa anggota DPRD. Pasalnya, dana sebesar itu bersumber dari dana covid-19.

Menjawab pertanyaan DPRD, Sekda Flores Timur, Paulus Igo Geroda mengaku dokumen pertanggungjawaban BPBD soal dana sebesar Rp 52 juta yang disalurkan untuk korban bencana Ile Ape merupakan kesalahan input.

"Bantuan untuk bencana Ile lewotolok itu meskinya tidak masuk anggaran Covid-19. Itu salah input. Sesungguhnya, dia masuk dalam hibah regular. Salah input dan sudah dikeluarkan," katanya.

Baca juga: Tim 16 DPRD Flores Timur Minta Persolan Dana Covid-19 Diambilalih KPK

Hal itu dipertegas lagi oleh Kepala Badan Keuangan Daerah, Cipto Keraf. Menurut dia, dana Rp 52 juta itu memang
dikeluarkan dari pos BTT, tapi sifatnya reguler yang merupakan hibah bantuan pemda Flotim untuk Lembata.

Untuk diketahui, sebagai leading sektor, BPBD dalam proses penanganan covid-19 tahun 2020, dialokasikan anggaran sebesar Rp. 6.535.191.600 miliar. Dari total anggaran ini, BPBD mengalokasikan ke beberapa OPD teknis.

Baca juga: DPRD Sebut Dugaan Mark Up Anggaran Dana Covid-19 di Dokumen BPBD Flotim

Dari total anggaran itu, BPBD mengajukan tujuh kali Rencana Kegiatan Belanja (RKB), dengan realisasi anggaran sebesar Rp.1.663.900 miliar. Sedangkan sisa anggaran Rp 4.818.619.650. (*)

Baca Berita Flores Timur Lainnya

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved