Breaking News:

Berita NTT

Kapolda NTT Wajibkan Polwan Berlayar Ratusan Mil Laut: Ritual untuk Mendapat Brevet Bahari

EMPAT polisi wanita ( Polwan), anggota Direktorat Polairud Polda NTT, berlayar sejauh ratusan mil laut

Editor: Kanis Jehola
POS KUPANG.COM/ISTIMEWA
Polwan-Polwan Polair yang sedang berlayar 

POS-KUPANG.COM- EMPAT polisi wanita ( Polwan), anggota Direktorat Polairud Polda NTT, berlayar sejauh ratusan mil laut. Patroli menggunakan Kapal Pulau (KP) Timor itu dalam rangka mendapatkan Brevet Bahari.

Briptu Aulia Wenyi, Briptu Jacklin, Bripda Osin dan Briptu Intan mulai berlayar dari Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Sabtu 4 September 2021.

Pada Minggu (5/9) pagi, mereka tiba di Larantuka, Kabupaten Flores Timur setelah berlayar 208 mil.

Brevet Bhayangkara Bahari merupakan lambang yang diberikan kepada Polwan perairan sebagai bentuk penilaian bahwa Polwan telah melaksanakan suatu tugas dengan baik.

Baca juga: Briptu Wilhelmina Christanti Manafe, Satu-satunya Polwan Asal NTT Jadi Pasukan Taktis di Sudan

Brevet Bhayangkara Bahari diberikan kepada polwan yang menunjukkan kemauan dan komitmen tinggi saat bertugas di atas kapal dalam rangka pengenalan, pelatihan dan sosialisasi peralatan kapal pada kegiatan patroli laut.

Kapolda NTT Irjen Pol Lotharia Latif mewajibkan Polwan anggota Direktorat Polairud berlayar. Kebijakan ini baru pertama kali diterapkan.

Menurut Irjen Latif, pelayaran ini sebagai syarat utama Polwan Polairud mendapatkan Brevet Bahari. Terobosan ini baru pertama dilakukan di tingkat Polda di Indonesia.

"Belum ada Polda-Polda lain yang melakukan hal tersebut, baru di Mabes Polri dan Polda NTT," tandas Irjen Lotharia di Mapolda NTT, Selasa (7/9).

Baca juga: Simak Kehidupan Aipda Novita Agustina, Sosok Polwan Berperan Sebagai Wartawan Polisi

Ia mengatakan, terobosan ini pernah dilakukan di Mabes Polri saat dirinya menjabat sebagai Direktur Polair Korpolairud.

Saat itu, ia memimpin pelayaran perdana patroli laut menggunakan Kapal Yudhistira-8003 dengan mengikutsertakan 12 personel Polwan remaja yang baru saja bergabung menjadi anggota baru Ditpolair Korpolairud.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved