Breaking News:

Berita Malaka

Dukung Swasembada Pangan, Pemkab Malaka Adakan Puluhan Traktor

berkolaborasi dengan berbagai komponen dalam meningkatkan swasembada pangan khususnya yang berkorelasi dengan bidang pertanian. 

Penulis: Edy Hayong | Editor: Rosalina Woso
Dukung Swasembada Pangan, Pemkab Malaka Adakan Puluhan Traktor
POS KUPANG.COM/EDY HAYONG
Bupati Malaka, Simon Nahak dan Wabup, Kim Taolin saat melakukan kunjungan kerja ke Kecamatan Sasitamean, Malaka.

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Edi Hayong

POS-KUPANG.COM, BETUN--Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malaka dibawah kepemimpinan Bupati, Dr. Simon Nahak, S.H, MH dan Wakil Bupati Louise Lucky Taolin, S.SoS atau Kim Taolin  memiliki program unggulan di sektor pertanian yakni swasembada pangan.

Dalam rencana selama kepemimpinan keduanya, target yang hendak direalisasikan adalah  mewujudkan beras Nona Malaka.

Saat ini instansi teknis dalam hal ini Dinas Pertanian telah mengadakan puluhan traktor untuk membantu petani membajak lahan yang tersedia.

Wakil Bupati Malaka, Kim Taolin menyampaikan hal ini kepada Wartawan di Betun, Kamis 2 September 2021.

Dikatakan Kim Taolin, selama ini banyak lahan yang belum dimanfaatkan secara maksimal padahal jika dikelola secara baik dengan pendampingan rutin dari PPL maka lahan tidur yang ada bisa dioptimalkan menjadi lahan produktif. 

Dijelaskan pula bahwa untuk mengotimalkan lahan yang ada maka Alsitan menjadi faktor pendukung utama. Ini agar bisa mengembangkan lahan yang ada guna membawa nilai produksi dan efektifitas bagi para petani.

Baca juga: Bupati Malaka Hadiri Rakorwasdanas Secara Daring

"Memang yang menjadi kendala kita belum punya operator tapi kita akan upayakan dalam waktu dekat sehingga bisa mengolah lahan petani," ujarnya.

Pemerintah, lanjut Kim Taolin, akan berkolaborasi dengan berbagai komponen dalam meningkatkan swasembada pangan khususnya yang berkorelasi dengan bidang pertanian. 

"Tentu melalui Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) harus mendukung kegiatan penanaman hasil perkebunan dengan intervensi pada penyediaan pembibitan, pemupukan dan pendampingan sehingga apa yang dilakukan oleh petani terus berlanjut dan bermanfaat bagi petani itu sendiri ," kata Ketua DPC PKB Malaka ini. 

Halaman
12
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved