Breaking News:

Berita NTT

Sejumlah Wilayah di NTT Diprediksi Akan Mengalami Hujan Diatas Normal

Sejumlah wilayah di NTT diprediksi akan mengalami musim hujan diatas normal lebih besar

Editor: Kanis Jehola
POS-KUPANG.COM/ISTIMEWA
Flayer prakiraan musim hujan di NTT 

Laporan reporter POS-KUPANG.COM, Irfan Hoi

POS-KUPANG.COM, KUPANG -Sejumlah wilayah di NTT diprediksi akan mengalami musim hujan diatas normal lebih besar. Di antaranya, wilayah Manggarai Barat bagian utara, Manggarai bagian utara, Manggarai Timur bagian utara, Ngada bagian utara, Timor Tengah Selatan bagian selatan, Malaka bagian selatan, Kupang bagian utara, Timor Tengah Utara bagian barat.

Kepala Stasiun Klimatologi Kupang, Rahmattulloh Adji, SP, mengatakan, BMKG - Stasiun Klimatologi Kupang menghimbau pemerintah daerah setempat dan masyarakat untuk mewaspadai, mengantisipasi dan melakukan aksi mitigasi lebih awal guna menghindari dan mengurangi risiko bencana.

"Puncak musim hujan periode 2021/2022 sendiri diprediksi akan terjadi pada bulan Februari 2022," katanya, Kamis 2 September 2021.

Dari total 23 Zona Musim (ZOM) di Nusa Tenggara Timur, sebanyak 4.3% ZOM diprediksi akan mengawali Musim Hujan pada Oktober 2021, meliputi Manggarai Barat bagian utara, Manggarai bagian utara, Manggarai Timur bagian utara dan Ngada bagian utara.

Baca juga: NTT Alami Kekeringan Saat Musim Hujan

Kemudian 65.3% ZOM pada November 2021, meliputi Manggarai Barat bagian barat dan tenggara, Manggarai bagian selatan, Manggarai Timur bagian selatan, Ngada bagian tengah, selatan dan tenggara, Nagekeo, Ende.

Selanjutnya, kabupaten Sikka bagian selatan, Flores Timur bagian barat daya, Sumba Barat Daya, Sumba Barat, Sumba Tengah bagian selatan, Sumba Timur bagian selatan, Kota Kupang, Kab. Kupang, Timor Tengah Selatan, Timor Tengah Utara, Belu dan Malaka.

Sementara itu, sebanyak 30.4% ZOM lainnya pada Desember 2021, meliputi Sikka bagian utara, Flores Timur bagian barat laut dan utara, Adonara, Solor, Lembata, Pantar, Alor, Sumba Tengah bagian utara, Sumba Timur bagian utara, Sabu Raijua dan Rote Ndao.

Jika dibandingkan terhadap rerata klimatologis Awal Musim Hujan pada periode 1981-2010, maka Awal Musim Hujan 2021/2022 di wilayah Nusa Tenggara Timur diprakirakan MAJU pada 2 ZOM (8.7 %), SAMA pada 13 ZOM (56.5 %), dan MUNDUR pada 8 ZOM (34.8 %).

Baca juga: Ini Prakiraan BKMG Staklim Kupang : Januari 2020 Curah Hujan di NTT Rendah, Februari?

Secara umum, sifat hujan selama Musim Hujan 2021/2022 diprakirakan NORMAL atau sama dengan rerata klimatologisnya pada 20 ZOM (87.0%) dan sejumlah 3 ZOM (13.0%) akan mengalami kondisi musim hujan ATAS NORMAL (lebih basah dari biasanya).

Halaman
12
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved