Breaking News:

Berita Sumba Barat

Bupati Yohanis Dade Hadiri Rapat Penyampaian Laporan Komisi-Komisi DPRD Sumba Barat

Bupati Kabupaten Sumba Barat, Yohanis Dade, S.H menghadiri sidang paripurna DPRD Sumba Barat

Penulis: Petrus Piter | Editor: Kanis Jehola
POS-KUPANG.COM/Petrus Piter
Suasana rapat paripurna DPRD Sumba Barat dengan agenda mendengarkan laporan komisi-komisi DPRD Kabupaten Sumba Barat di ruang sidang utama DPRD Sumba Barat, Selasa 25 Agustus 2021. Rapat tersebut dipimpin Ketua DPRD, Drs.Dominggus Ratu Come didampingi Wakil Ketua DPRD, Jefri Ora, S.H dan Lukas Lebu Gallu, S.H serta dihadiri langsung Bupati Sumba Barat, Yohanis Dade, S.H 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Petrus Piter

POS-KUPANG.COM, WAIKABUBAK - -Bupati Kabupaten Sumba Barat, Yohanis Dade, S.H menghadiri sidang paripurna DPRD Sumba Barat dengan agenda penyampaian laporan komisi - komisi terhadap Ranperda tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD tahun anggaran 2020 serta laporan panitia khusus DPRD Kabupaten Sumba Barat atas Ranperda tentang perubahan peraturan daerah nomor 2 tahun 2016 tentang pembentukan dan susunan perangkat daerah Kabupaten Sumba Barat yang berlangsung di ruang sidang utama DPRD Sumba Barat, Rabu 25 Agustus 2021.

Rapat Paripurna tersebut dipimpin Ketua DPRD Drs. Dominggus Ratu Come didampingi Wakil Ketua DPRD, Jefry Tarawatu Ora, S.H dan Lukas Lebu Gallu, S.H.

Menurut komisi A DPRD Kabupaten Sumba Barat melalui pembahasan pada rapat kerja komisi A bersama mitra maka Komisi A berkesimpulan bahwa pertanggungjawaban pelaksanaan APBD tahun anggaran 2020 sesungguhnya telah menggambarkan tentang sebuah perubahan terhadap daerah ini.

Namun tidak dapat dipungkiri masih banyak masyarakat Sumba Barat sedang mengalami kesulitan hidup tentang bagaimana memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari terutama pada masa pandemi virus corona ini. Apalagi masa pandemi virus corona belum dapat diprediksi kapan akan berakhir.

Baca juga: Bupati Sumba Barat Yohanis Dade Resmi Membuka Kegiatan Rapat Koordinasi Bidang Pertanian

Kondisi itu bertambah lagi dengan kurangnya kemampuan masyarakat untuk menyesuaikan diri pada perkembangan dan situasi yang terjadi saat ini sehingga apa yang sudah dan telah di lakukan pemerintah daerah dianggap masih kurang.

Untuk itu Komisi A berharap pemerintah daerah agar pada tahun-tahun mendatang kebijakan APBD harus benar-benar diarahkan pada program atau kegiatan yang berkaitan dengan peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat sehingga pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat dapat tercapai.

Sedangkan Komisi B DPRD Kabupaten Sumba Barat dalam laporannya, mengapresiasi perencanaan penganggaran dan hasil yang dicapai sekaligus menghimbau kepada pemerintah daerah agar diikuti dengan pelaksanaan fisik yang berkualitas untuk kesejahteraan masyarakat Pada Eweta Manda Elu.

Sementara itu Komisi C DPRD Kabupaten Sumba Barat dalam laporannya menyampaikan pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Kabupaten Sumba Barat tahun anggaran 2020 merupakan salah satu respon pemerintah daerah dengan melihat dinamika tuntutan dan kebutuhan sehingga perumusan kebijakan telah dilakukan.

Baca juga: Bupati Sumba  Barat, Yohanis Dade, S.H Larang Warga Gelar Pesta

Sebagaimana telah diketahui bersama dalam penyusunan, pembahasan sampai dengan pengambilan keputusan bersama antara DPRD dengan pemerintah daerah terhadap suatu rancangan peraturan daerah (Ranperda) bertujuan mendapatkan suatu dokumen legal dan formal untuk dilaksanakan. Tetapi lebih dari pada itu bahwa substansi muatannya harus benar-benar mencerminkan adanya upaya-upaya konstruktif dan akuntabel dalam menjawab permasalahan rakyat Sumba Barat agar dapat keluar dari lingkaran kemiskinan, kebodohan dan keterbelakangan.

Komisi C juga menyampaikan penghargaan kepada semua mitra organisasi perangkat daerah (OPD) dimana dalam pembahasan Ranperda pertanggungjawaban pelaksanaan APBD tahun anggaran 2020 telah dengan serius, sungguh-sungguh dan tetap dalam suasana saling menghormati dan saling menghargai dapat memberikan klarifikasi, penjelasan bahkan usul saran yang cukup responsif, aspiratif dan akomodatif kepada komisi guna penyempurnaan Ranperda pertanggungjawaban pelaksanaan APBD tahun anggaran 2020. Semua itu bermuara pada tujuan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat Sumba Barat tercinta ini. (*)

Berita Sumba Barat Lainnya

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved