Breaking News:

Berita Sumba Timur

PPKM Level 4 di Sumba Timur Diperpanjang -- Ini yang Disampaikan Dandim 1601 Sumba Timur

Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 di Kabupaten Sumba Timur diperpanjang lagi hingga tanggal 6 September 2021

Penulis: Oby Lewanmeru | Editor: Kanis Jehola
POS-KUPANG.COM/Oby Lewanmeru
Dandim 1601 Sumba Timur, Letkol Czi..Dr. Dwi Joko.S, S.E,. M.I. Pol 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Oby Lewanmeru

POS-KUPANG.COM, WAINGAPU - Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 di Kabupaten Sumba Timur diperpanjang lagi hingga tanggal 6 September 2021. Meski begitu angka kesembuhan pasien Covid-19 di daerah ini terus meningkat.

Hal ini disampaikan Wakil Ketua I Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Sumba Timur, Letkol Czi. Dr. Dwi Joko S., S.E,M.I.Pol kepada POS-KUPANG.COM, Selasa 24 Agustus 2021.

Menurut Dwi, penerapan PPKM Level 4 di Sumba Timur masih diperpanjang lagi mulai 24 Agustus hingga 6 September 2021.

"Walaupun begitu, penurunan angka positif di Kabupaten Sumba Timur secara statistik sudah menurun signifikan dan angka kesembuhan telah melebihi angka penambahan positif dan saat ini berada di posisi 85 persen," kata Dwi.

Baca juga: PPKM  Level IV di Sumba Timur Masih Berlanjut 

Dandim 1601 Sumba Timur ini menjelaskan, PPKM Level 4 kembali diperpanjang hingga 6 September mendatang.

Namun lanjutnya, kerja keras dari Satgas Penanganan Covid-19 dalam penanganan kasus telah membuahkan hasil yang positif.

Ditanyai soal kendala yang dihadapi, Dwi mengatakan, kendala yang ada dalam menurunkan level di Kabupaten Sumba Timur adalah masih banyak masyarakat yang tidak disiplin dalam penerapan protokol kesehatan, terutama memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak (3M), sehingga berimplikasi pada penambahan kasus positif baru.

Dwi juga mengatakan, apabila indikator capaian Vaksinasi sebagai tolak ukur ini di luar kemampuan Satgas karena Vaksin didukung dari Dinkes Provinsi maupun Kemenkes.

Baca juga: Dandim 1601 Sumba Timur Sidak Penyekatan PPKM Level IV di Lewa

"Bagi kami yang utama adalah, Satgas Penanganan Covid-19 dapat mengendalikan laju penambahan kasus positif dan meningkatkan angka kesembuhan hingga di capaian 92 persen bahkan lebih dari itu. Kami akui saat ini memang mobilitas masyarakat masih cukup tinggi, kegiatan kemasyarakatan juga masih cukup aktif dilakukan dalam kehidupan sehari-hari," katanya.

Dikatakan, capaian penanganan, khususnya ketersediaan tempat tidur RSUD Umbu Rara Meha Waingapu masih dalam kondisi 40 persen BOR, artinya masih di bawah batas standar yang ditentukan yakni 60 persen.

"Kerja keras Satgas terpadu dinilai sudah berjalan dengan baik, hanya masih adanya masyarakat yang kurang disiplin dalam menerapkan 3M tentunya berimplikasi kepada penambahan kasus positif," ujarnya.

Dikatakan, target dalam PPKM perpanjangan Level 4 hingga tanggal 6 September ini, status PPKM bisa turun menjadi level 3.

"Angka penambahan positif yang dapat ditekan hingga nol dalam harian, menjaga BOR dalam prosentase rendah dibawah 25 persen. Kegiatan perekonomian tetap berjalan sesuai ketentuan PPKM , meningkatnya angka kesembuhan hingga di atas 92 persen serta nihilnya kasusnya kematian," ujar Dwi. (*)

Berita Sumba Timur Lainnya

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved